Kenang Jasa Pahlawan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di TMP Karangsuko

berita

19 August 2018

1942
Kenang Jasa Pahlawan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di TMP Karangsuko

Demi mengenang jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan, tadi malam 17 Agustus 2018 tepat pukul 00:00 dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci yang bertempat di Taman Makam Pahlawan Jarakan Karangsuko Trenggalek. Nampak hadir dalam renungan suci tersebut beberapa jajaran Forkopimda Trenggalek, Ketua DPRD Trenggalek H.Samsul Anam, MH, M.Hum, Dandim 0806 Trenggalek Letkol. Inf. Dodik Novianto, S.Sos, Kapolres Trenggalek Didit BWS, S.I.K, MH, dan Kajari Trenggalek Lulus Mustofa, SH, MH.

Apel renungan suci dimulai dengan pemadaman lampu di area pemakaman TMP, lantas dilanjutkan dengan peniupan terompet sangkakala dan obor wasiat. Dalam amanat yang disampaikan Ketua DPRD Trenggalek, H.Samsul Anam, seluruh unsur yang hadir dalam apel dan renungan suci menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

Perjuangan para pahlawan dan jalan kebaktian yang telah mereka tempuh adalah jalan bagi seluruh bangsa Indonesia sampai bisa merasakan kemerdekaan seperti saat ini. Pertumpahan darah, pertaruhan nyawa, dan pengorbanan tanpa batas para pahlawan kemerdekaan ini harus dilanjutkan dengan berkarya dalam pembangunan berkelanjutan.

Untuk diketahui, apel kehormatan dan renungan suci adalah agenda yang rutin dilaksanakan di TMP Jarakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek beserta seluruh jajaran Forkopimda lainnya. Terdapat sebanyak 154 orang dari unsur TNI Polri, 3 orang dari aparat sipil, 8 orang dari pejuang rakyat, dan 1 orang dari tentara pelajar telah dimakamkan di taman makam ujung selatan perkotaan Trenggalek ini. Diskominfo Trenggalek