Kibarkan Merah Putih Raksasa Di Tebing Sepikul, Wabup Arifin : Sejarah Perebutan Kemerdekaan Tidaklah Mudah

berita

16 August 2018

1843
Kibarkan Merah Putih Raksasa Di Tebing Sepikul, Wabup Arifin : Sejarah Perebutan Kemerdekaan Tidaklah Mudah

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar pengibaran bendera merah putih berukuran raksasa di tebing Gunung Sepikul Desa Watuagung Watulimo, Rabu (15/8).  Diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Trenggalek, seluruh peserta upacara yang terdiri dari berbagai lapisan memberikan penghormatan pada sang saka yang berkibar di tebing Sepikul sembari menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya.

 

Selepas pengibaran, Wabup sampaikan pesan mengapa Pemkab Trenggalek lakukan pengibaran bendera merah putih di tebing tertinggi di Jawa Timur tersebut.  Menurut Wakil Bupati termuda ini pengibaran bendera mempunyai makna besar, mendaki dengan susah payah di medan terjal dan bebatuan tajam untuk sampai di tebing sepikul diharapkan olehnya masyarakat mampu merasakan bagaimana sulitnya para pejuang merebut kemerdekaan.  

 

Susahnya mengibarkan bendera merah putih dimasa lalu tidak bisa dianggap mudah seperti halnya saat ini, mengibarkan bendera merah putih di masa sebelum kemerdekaan diwarnai dengan intimidasi, peperangan, bahkan pertumpahan darah dan nyawa.

 

"Kita harus punya cita-cita mengibarkan merah putih Indonesia setinggi-tingginya.  Bagaimana caranya mengibarkan Indonesia ? dengan prestasi, dengan karya !," ungkap Wabup Arifin.

 

 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati turut menghadirkan para pegiat media sosial untuk mengenalkan potensi wisata Trenggalek.  Media sosial dirasa bisa menjadi wadah yang efektif guna mengunggah indahnya wisata alam dan budaya untuk dikenalkan ke seluruh dunia.

 

Wabup beserta istri, Dandim 0806, Kapolres Trenggalek, dan awak media yang datang ikut jajal curamnya tebing Sepikul.  Mereka memanjat perlahan tebing Via Ferrata hingga ke puncak, Via Ferrata adalah nama destinasi wisata baru yang berada di Gunung Sepikul dimana pada lokasi tersebut juga sudah dilengkapi tangga besi dan tali panjang sebagai pengaman.

 

"Sekarang sudah ada destinasi wisata Via Ferrata, ada beberapa youtuber, vloger yang datang kesini sehingga ini saya berharap bisa memotivasi warga sekitar untuk tidak kehilangan harapan.  Mereka harus yakin bahwa apa yang sudah mereka bangun bercita-cita punya desa wisata di lembah Gunung Sepikul ini semoga bisa tercapai," imbuhnya. Diskominfo Trenggalek