Kenang Jasa Pahlawan Rebut Kemerdekaan, Malam Renungan Suci digelar tepat pukul 00:00 17 Agustus 2019

berita

17 August 2019

2050
Kenang Jasa Pahlawan Rebut Kemerdekaan, Malam Renungan Suci digelar tepat pukul 00:00 17 Agustus 2019

Tepat pukul 00:00, Sabtu 17 Agustus 2019 dilaksanakan Upacara Kehormatan dan Renungan suci di Taman Makam Pahlawan Jarakan Karangsoko dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia.

Upacara kehormatan dan malam renungan suci dipimpin oleh Dandim 0806 Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos selaku inspektur upacara dan turut dihadiri oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin serta anggota Forkopimda, dengan diikuti segenap unsur pasukan dari TNI, Polri, Korpri. 

Seluruh hadirin dan peserta upacara menyatakan hormat atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan serta kebahagiaan Negara dan Bangsa Indonesia.

Saat dikonfirmasi usai mengikuti serangkaian upacara kehormatan dan renungan suci, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan lewat kegiatan ini bangsa Indonesia menjiwai gugurnya para pahlawan yang berarti kemerdekaan diperoleh dengan cara yang tidak mudah.

"Kita berusaha mewarisi semangat itu dalam mengisi kemerdekaan khususnya yang ke 74 tahun ini," tutur Bupati Nur Arifin.

Ditambahkan oleh Bupati kemerdekaan bukanlah hasil, tetapi kemerdekaan adalah pintu gerbang, dimana di depan pintu gerbang dihadapan kita masih banyak tantangan kemerdekaan yang harus kita isi.

"Saya ucapkan selamat bekerja dan berjuang untuk seluruh insan di Indonesia dalam mengisi kemerdekaan," imbuhnya melengkapi.

Senada dengan Bupati, di kesempatan yang sama Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Dodik Novianto menuturkan kegiatan ini ditujukan sebagai wujud kepada para pahlawan yang telah mengorbankan seluruh jiwa raganya demi merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Bagaimana perjuangan mereka (pahlawan) mengorbankan waktu, tenaga, jiwa dan raganya dalam rangka menaikkan bendera Republik Indonesia," ungkap Letkol Dodik.

"Otomatis kita sebagai generasi penerus wajib mengisi apa yang telah mereka perjuangkan," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek