Kerja Bakti Bersih-Bersih Sungai di Kawasan Kota, Wujud Nyata Aksi Revolusi Mental Ada di Trenggalek

berita

19 November 2018

1874
Kerja Bakti Bersih-Bersih Sungai di Kawasan Kota, Wujud Nyata Aksi Revolusi Mental Ada di Trenggalek

Kegiatan kerja bakti yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek Jumat (16/11) pagi tadi libatkan banyak elemen masyarakat. Tak hanya ASN saja, unsur TNI, Polri, tak terkecuali masyarakat umum lainnya juga ikut bahu membahu membersihan area sungai yang ada dikawasan Kecamatan Trenggalek tepatnya di Jalan JA. Suprapto dan Jalan A.Yani Kelurahan Surodakan.

Sedari pagi pukul 07:00 semua pasukan yang ikut dalam kegiatan kerja bakti sudah tiba di setiap lokasi dan siap dengan membawa peralatan masing-masing.  Ada yang membawa cangkul, sabit, sapu dan beberapa peralatan pendukung kebersihan lainnya.  

Menurut Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Trenggalek, Drs.Widarsono, MM yang juga sebagai Ketua pelaksana kegiatan tersebut, menuturkan bahwa kerja bakti yang dilaksanakan pada Jumat pagi tersebut merupakan bagian daripada program nasional revolusi mental di bumi Trenggalek.  

Salah satu bagian revolusi mental itu kan ada Indonesia bersih, artinya kita ingin mengajak masyarakat dalam bentuk aksi bahwa kebersihan itu adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan, ungkapnya.

"Kita dari semua elemen, masyarakat, TNI Polri, ASN, baik dari unsur lembaga swadaya kita libatkan semua. Hari ini sekitar 300 orang dengan 2 sasaran yaitu disini sama buk tumpang, dan hari minggu nanti kita akan mengadakan pengecatan dibantaran sungai semacam kita ingin mewujudkan sungai bersih," imbuhnya.

Selain itu dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sungai tersebut sekaligus dilakukan untuk mempersiapkan penilaian Adipura. Namun satu hal yang ia sampaikan kepada masyarakat lewat kegiatan ini adalah menginginkan supaya masyarakat lebih menghargai nilai-nilai kebersihan lingkungan.  Pasalnya lingkungan yang bersih adalah faktor utama yang dapat menunjang kelangsungan kehidupan sehari-hari masyarakat terutama dari sisi kesehatan.

Jadi yang paling pokok kita memberikan contoh kepada masyarakat agar mereka mengubah mental mereka yang kemarin kurang menghargai kebersihan kini kita mengajak mereka menghargai kebersihan, pungkasnya menegaskan, pungkasnya. Diskominfo Trenggalek