Tim Dinkes Provinsi Jatim Lakukan Survey PKMF Malaria di Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko

berita

19 November 2018

1865
Tim Dinkes Provinsi Jatim Lakukan Survey PKMF Malaria di Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan di Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko yang didampingi tim rombongan dari Dinkesdalduk & KB Kabupaten Trenggalek.

Kedatangan tim survey ke Trenggalek adalah dalam rangka percepatan capaian eliminasi malaria di Provinsi Jawa Timur melalui program Pemberian Kelambu Massal Fokus (PKMF) Malaria. Pertemuan tersebut melibatkan kasun dan kader di wilayah desa Pandean yang berlangsung di Aula Puskesmas Pandean. Sabtu (17/11)

Eliminasi Malaria adalah mewujudkan masyarakat yang hidup sehat, terbebas dari penularan malaria secara bertahap sampai tahun 2030, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 293/MENKES/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 tentang Eliminasi Malaria di Indonesia.

Sebanyak 9 Kabupaten di tingkat Provinsi Jatim yang disurvey oleh Dinkes Provinsi Jatim termasuk Puskesmas Pandean dari Kecamatan Dongko, dan Kabupaten Trenggalek merupakan kabupaten terakhir yang mendapatkan eliminasi malaria. Disamping itu terpilihnya Puskemas Pandean adalah berdasarkan data dari Dinkesdalduk & KB Trenggalek yang merupakan data tertinggi yang terdampak penyakit malaria dibandingkan daerah-daerah lain di Trenggalek.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Kohar Hari Santoso turut hadir dalam pertemuan survey tersebut dengan didampingi Kepala Bidang P2P Dinkesdalduk & KB Trenggalek Rufianto, SKM, M.Kes. Beliau menargetkan agar Provinsi Jawa Timur segera mendapatkan status eliminasi malaria ditahun 2019.

Kalau kabupaten Trenggalek sudah eliminasi, nah sekarang ini semua sudah konsentrasi mempercepat bagaimana Provinsi Jawa Timur bisa segera juga mendapatkan status eliminasi untuk malaria. Oleh karena itu Trenggalek adalah salah satu kabupaten yang sudah eliminasi dan kabupaten terakhir maka perlu mendapatkan penguatan-penguatan dan juga kita dalam rangka melengkapi data-data yang belum ada. Ungkapnya

Harapannya dari survey ini banyak hal yang bisa kita tindaklanjuti. Sekali lagi ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, jadi ini satu hal sinergi yang luar biasa. Tegasnya

Terakhir beliau juga mengharap masyarakat terus meningkatkan pola hidup yang sehat dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk menjaga kesehatan lingkungan sekitar serta secepat mungkin menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan jika ada anggota keluarga yang terkena sakit. Diskominfo Trenggalek