Ketua TP PKK Jawa Timur Lakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Trenggalek

berita

10 April 2019

2113
Ketua TP PKK Jawa Timur Lakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Trenggalek

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin kunjungi Kabupaten Trenggalek.  Kunjungan Istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak ini dalam rangka rapat koordinasi dan sosialisasi program khusus stunting dan penanganan sampah plastik di Kabupaten/Kota se-Bakorwil Madiun, Selasa (9/4).

Turur hadir menyambut dalam kesempatan tersebut di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Mochammad, Koordinator TP PKK Bakorwil I Madiun, juga pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se Bakorwil I Madiun.

Saat dikonfirmasi, Ibu Arumi Elestianto Dardak menuturkan kunjungannya kali ini juga dilaksanakan dalam rangka dukungan PKK terhadap pengoptimalan 5 Bakorwil yang ada di Jawa Timur.

"Agenda di Kabupaten Trenggalek ada 2 agenda utama yang pertama sosialisasi mengenai stunting dan kedua  sampah plastik khususnya.  Ini adalah agenda kami yang di Provinsi dan minggu ini kami turun ke 5 Bakorwil karena memang sesuai petunjuk Gubernur kita harus mulai memanfaatkan Bakorwil karena posisinya yang sangat strategis dalam membantu kami di Provinsi," terang Ibu Arumi Ketua TP PKK Jatim kepada tim Kominfo.

"Dengan turun di Bakorwil suasana juga lebih gayem dan juga pemecahan masalahnya jadi jauh lebih spesifik.  Dengan adanya Bakorwil ini harapannya Kabupaten/Kota yang besar ini terfasilitasi dengan baik, kemudian di Kabupaten Trenggalek ini memang se wilayah Bakorwil datang semua, tapi khusus di Trenggalek saya minta ibu-ibu Kepala Desanya untuk bisa rawuh temu kangen karena sekalian pulang kampung.  Selama 3 tahun kemarin saya bekerja yang paling intens itu dengan ibu-ibu Ketua PKK Desa, senang rasanya bisa sama-sama ngumpul disini," imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, PKK terus mengambil peran penting dalam setiap penanganan stunting di Kabupaten/Kota se Jawa Timur.  Dijelaskan prevelensi fokus penanganan stunting yang ada di 11 Kabupaten kini bertambah 1 menjadi 12 Kabupaten.  Pencegahan adalah langkah pokok yang terus dikampanyekan oleh PKK Provinsi Jawa Timur di 12 Kabupaten yang salah satunya adalah Kabupaten Trenggalek.

"Apa yang akan kita lakukan? yang pertama adalah pencegahan, pencegahannya itu kita intervensi setiap anak di seribu hari pertama kehidupan.  Setiap anak di seribu hari pertama harus kita intervensi mulai dari ibunya, gizi baik ibu juga anak.  Penanganannya harus ada stimulasi dan pendidikan berkelanjutan," pungkasnya.

Disaat yang sama juga diserahkan bantuan berupa makanan stunting dari PKK Provinsi Jawa Timur kepada PKK Desa di Kabupaten Trenggalek sebanyak 150 bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Elestianto Dardak. Diskominfo Trenggalek