Ketua TP PKK Trenggalek Novita Handini Menerima Penghargaan "The Best Woman Figure 2021" Dari Seven Media Asia

prestasi

01 November 2021

580
Ketua TP PKK Trenggalek Novita Handini Menerima Penghargaan

Seven Media Asia menganugerahi penghargaan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Novita Hardini sebagai figur perempuan terbaik dalam kategori "The Best Woman Figure 2021". Penghargaan ini diterima langsung oleh Novita Hardini di Hotel The Trans Resort Bali, Jumat (29/10/2021).

Penghargaan diberikan kepada Novita Hardini yang dianggap menjadi figur perempuan terbaik atas dedikasi kinerjanya dalam mewujudkan prestasi kepemimpinan, serta melakukan perubahan serta inovasi baru dalam mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

"Alhamdulilah hari ini saya kembali mendapat penghargaan dan hari ini dari Seven Media Asia. Bukan tujuan untuk mendapat penghargaan tapi ini menjadi pemicu kami untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk masyarakat," ungkap Novita Hardini saat dikonfirmasi selepas menerima penghargaan tersebut.

Penggiat Perempuan di Trenggalek ini menambahkan, "Utamanya bagaimana saya bisa meletakkan hati, pasion, cita-cita saya untuk membangun masyarakat menjadi lebih berdaya lagi," lanjutnya.

Ibu dari 3 putera ini juga menyebut kecintaannya terhadap peran perempuan bermula dari Kabupaten Trenggalek. Dimana pada Tahun 2016 Novita Hardini mendampingi Mochamar Nur Arifin yang saat itu dilantik menjadi Wakil Bupati termuda se Indonesia.

Novita menceritakan perjalanannya dalam membangun peran perempuan di Trenggalek cukup panjang dan penuh tantangan, mengingat saat itu Trenggalek masih termasuk kedalam daerah dengan kemiskinan yang cukup tinggi di Jawa Timur.

Namun seiring berjalannya waktu dan kerja keras yang baik, saat ini Kabupaten Trenggalek telah bangkit dengan kemajuan di berbagai sektor.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perempuan berparas cantik ini mengaku banyak hal yang telah diupayakan bersama sang suami untuk membangun Kabupaten Trenggalek. Mulai dari sanitasi, program pemberdayaan, gerakan tengok bawah dan lain sebagainya.

"Untuk itu saya sadar sebagai perempuan tidak hanya menjadi pendamping saja tetapi menjadi sebuah support sistem terbaik bagi suami saya, bagi anak-anak saya, dan bagi masyarakat saya," ungkapnya

 

Selain itu, program Sekolah Perempuan Disabilitas Anak dan Kelompok Rentan Lainnya (Sepeda Keren) yang digagasnya dianggap cukup berhasil mewujudkan pembangunan Kabupaten Trenggalek menjadi lebih inklusif.

Sehingga tidak ada yang tertinggal dalam pembangunan, dan  perempuan tidak hanya selalu menjadi objek tapi juga bisa menjadi objek dalam pembangunan.  Dan terbukti ini semua menjadi semakin mudah Kabupaten Trenggalek mencapai cita-citanya meroket bersama.

Lebih lanjut, sejak adanya program Sepeda Keren utamanya bapak Bupati Mochamad Nur Arifin juga menjadi perwakilan Indonesia mendapatkan beasiswa di Amerika untuk perjanjian atau komitmen dalam pemberdayaan perempuan global.

"Capaian-capaian yang sudah kami lakukan di Kabupaten Trenggalek bisa kami sebarkan hampir di semua wilayah yang ada di Indonesia.  Harapannya jika Trenggalek saja bisa, saya yakin masih banyak perempuan pedesaan yang membutuhkan uluran tangan kita," ujar Novita Hardini.

Untuk itu penghargaan ini dedikasikan oleh Novita Hardini untuk perempuan-perempuan hebat di Indonesia yang tidak ada yang berdaya selama perempuan itu belum memberdayakan perempuan lainnya.

"Jadi ayo selama kita masih muda, selama kita masih bisa, kita harus memberdayakan semua perempuan untuk kemajuan Indonesia lebih berdaya lagi," tandasnya. Diskominfo Trenggalek