KOMISI V DPR RI KUNJUNGI KABUPATEN TRENGGALEK TINJAU POTENSI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

berita

14 July 2017

1756
KOMISI V DPR RI KUNJUNGI KABUPATEN TRENGGALEK TINJAU POTENSI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Komisi V DPR RI lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Trenggalek guna meninjau pembangunan sektor infrastruktur dan akses perhubungan yang ada di Kabupaten Trenggalek, Kamis (13/7).  Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc selaku tuan rumah menyambut dengan hangat kedatangan rombongan anggota DPR RI di Pondok Prigi Kecamatan Watulimo.  Tampak hadir dalam rombongan Ketua Komisi V DPR RI Ir. Fary Djemy Francis, MMA, Drs. H. Gatot Sudjito, M.Si didampingi dari Kementrian Perhubungan dan perwakilan dari provinsi Jawa Timur.

 

Komisi V DPR RI merupakan salah satu dari 11 komisi yang membidangi infrastruktur dan perhubungan.  Kedatangan mereka ke Kabupaten Trenggalek tentunya bukan tanpa tujuan, kunjungan wakil rakyat Indonesia ini selain meninjau pembangunan infrastruktur, namun juga akan membahas isu-isu strategis jangka panjang khususnya tentang poros maritim sebagai salah satu bentuk upaya yang dilakukan guna memajukan wilayah selatan Trenggalek.  Pasalnya Trenggalek mempunyai banyak sekali potensi di wilayah selatan yang dapat dikembangkan, seperti kelautan, pariwisata, dan pusat perdagangan.  Guna merealisasikan potensi tersebut tentunya tidak lepas dari peran pemerintah dalam menyediakan infrastruktur fisik baik itu jalan darat maupun jalur perhubungan laut yang mampu menyokong kebutuhan roda perekonomian khususnya di pesisir selatan Trenggalek.

 

Ketua Komisi V yang dikonfirmasi mengatakan bahwa kunjungan anggota dewan tersebut bertujuan meninjau infrastruktur baik darat maupun laut, khususnya jalur yang menghubungkan 8 kabupaten di pesisir selatan Pulau Jawa dimana salah satunya adalah Trenggalek.

 

"Ini kan tindak lanjut dari kunjungan Pak Bupati berkunjung ke DPR RI Komisi V untuk mengundang komisi V untuk melihat beberapa isu-isu strategis yang dikembangkan tidak hanya di Trenggalek  tetapi di 7 wilayah sekitar Trenggalek.  Dan kita mau memastikan berkaitan dengan isu-isu strategis yang di dorong oleh Pak Bupati berkaitan dengan pelabuhan niaga, pelabuhan ikan itu yang pertama," jelasnya.

 

"Terus yang kedua berkaitan dengan Jalur Lintas Selatan yang sudah didukung oleh Islamic Development Bank (IDB) itu sejauh mana kesiapan-kesiapannya.  Terus kita juga bawa dari kepala balai untuk bisa menjelaskan kira-kira apa yang menjadi  poin penting dalam rangka mendukung jalur lintas selatan," ungkapnya.

 

"Untuk pelabuhan tadi kita sudah minta dari direktur pelabuhan untuk melakukan pengkajian bersama Bupati, terus yang ketiga kawasan wisata disini ya kami sampaikan termasuk juga dari BPIW yang mengembangkan suatu kawasan terpadu," imbuhnya menegaskan.

 

Usai mendengarkan paparan dari Bupati mengenai Kabupaten Trenggalek, rombongan dari Komisi V DPR RI meninjau langsung kondisi dilapangan baik itu jalur lintas selatan di Trenggalek, rusunawa, jembatan baru di pantai cengkrong, dan pembangunan pasar prigi. Diskominfo Trenggalek