PERINGATI HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL DAN HARI KOPERASI NASIONAL KE 70, PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA BENDERA

berita

14 July 2017

1807
PERINGATI HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL DAN HARI KOPERASI NASIONAL KE 70, PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA BENDERA

Hari Anti Narkoba Internasional yang jatuh setiap tanggal  26 Juni 2017 dan Hari Koperasi Nasional ke 70 diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan menggelar upacara pengibaran bendera di Alun-alun Trenggalek, Kamis (13/7). Upacara bendera tersebut dihadiri oleh para pejabat dilingkup Pemkab Trenggalek, Forkopimda, dan Wakil Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin yang mengambil tempat sebagai pembina upacara.

 

Sebelum upacara dimulai para siswa-siswi dari MTsN Trenggalek menampilkan atraksi Pasukan Baris Berbaris (PBB) Kreasi anti narkoba. Berbagai tarian kreatifitas mereka tunjukkan kehadapan tamu undangan sebagai simbol ajang kreatifitas siswa sekolah seperti semboyan " Prestasi YES, Narkoba No".  Upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam mendukung gerakan anti narkoba diantaranya ialah melalui sosialisasi, pemasangan papan himbauan serta kampanye stop narkoba lainnya. Hal tersebut dilaksanakan guna menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari bahaya narkoba dalam rangka mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) baik melalui kurikulum mata pelajaran intrakurikuler maupun ekstra kurikuler.

 

Tema yang diambil pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2017 adalah peran akitif dan pendayagunaan seluruh komponen dan potensi bangsa dalam menghadapi keadaan darurat narkoba menuju Indonesia yang sehat. Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Wakil Bupati Trenggalek mengajak semua masyarakat untuk menyatakan perang terhadap narkoba, baik itu langkah preventif maupun rehabilitasi. Dengan demikian, Hari Anti Narkoba Internasional ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk melakukan aksi bersama membebaskan bangsa ini dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.

 

Sementara itu dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke 70 tema yang diambil kali ini adalah "Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial".  Di Trenggalek, koperasi memegang peranan penting di sektor perdagangan, hal tersebut dibuktikan dengan telah diluncurkannya toko modern gotong royong di Desa Ngetal Pogalan.  Perwujudan koperasi sebagai soko guru kini bukan hanya isapan jempol belaka, dengan adanya toko modern gotong royong maka masyarakat sekitar yang menjadi anggota koperasi bisa ikut memiliki toko modern. Kedepannya dengan kepemilikan toko modern dibawah naungan koperasi ini akan membawa manfaat ataupun keuntungan yang tidak hanya dinikmati oleh satu pemodal besar namun juga melindungi keberadaan pasar tradisional dan pedagang kecil di Kabupaten Trenggalek.

 

Usai upacara bendera, Wakil Bupati Trenggalek menyerahkan piagam penghargaan Sekolah Terbaik Bersih Narkoba BNN 2017. Sekolah yang mendapatkan penghargaan diantaranya adalah SDN Surodakan 2 Trenggalek, MTsN Model Trenggalek, SMAN 1 Munjungan.  Sementara untuk lomba berpacu dalam koperasi/ uji kompetensi tahun 2017 juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Koperasi siswa tunas mekar SMK Negeri 1 Pogalan dan juara 2 tingkat Bakorwil Madiun Koperasi Wanita Kencana Desa Dongko Kecamatan Dongko. Diskominfo Trenggalek