Kukuhkan Saka Pariwisata, Wabup Syah Harapkan Mampu Perkuat Kepariwisataan di Trenggalek

berita

25 March 2022

105
Kukuhkan Saka Pariwisata, Wabup Syah Harapkan Mampu Perkuat Kepariwisataan di Trenggalek

Satuan Karya (Saka) Pariwisata Kabupaten Trenggalek resmi dilantik dan dikukuhkan Wakil Bupati Trenggalek yang sekaligus Kakwarcab, Syah Muhamad Natangera, Kamis (24/3/2022).

Sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, Saka Pariwisata yang dikukuhkan di Destinasi Wisata Goa Biru Sengon ini diharapkan oleh Wakil Bupati dapat memperkuat sektor kepariwisataan di Kabupaten Trenggalek.

Mengingat keanggotaan pramuka mencakup semua umur mulai anak-anak hingga para orang tua. Juga didukung dengan anggota pramuka yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek.

"Ini adalah bentuk rasa cinta tanah air dari kakak-kakak pramuka. Dan ini sebagai bentuk upaya kita mendukung pariwisata yang ada di Kabupaten Trenggalek," ungkap Wabup Syah.

Pasca di bentuk, sinergi yang baik dari seluruh anggota pramuka khususnya Saka Pariwisata dengan lembaga lain juga turut diharapkan oleh Wakil Bupati Trenggalek. Hal ini dimaksudkan agar potensi yang ada bisa semakin dimanfaatkan untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata.

Mantan anggota DPRD ini menambahkan, "Kita juga berharap besar kepada Dinas Pariwisata untuk bisa mensukseskan salah satu program kami, yaitu membentuk 100 desa wisata," harapnya.

"Kita meyakini ketika suatu desa banyak dikunjungi wisatawan, maka itu akan memutar roda perekonomian," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Drs.Sunyoto mengatakan momen ini merupakan peluang bagi jajarannya untuk bersinergi dengan Pramuka untuk membangun kepariwisataan di Trenggalek

"Di mana di seluruh Trenggalek saya yakin namanya Pramuka ada," sebut Sunyoto. Kami akan segera berkoordinasi dengan Kwaran Kecamatan untuk menghidupkan Saka Pariwisatanya di sana dibawah binaan dan bimbingan Dinas Pariwisata.

"Kami yakin potensi pemuda dengan kepariwisataan ini akan lebih kuat lagi," tegasnya.

Lebih lanjut, Saka Pariwasata akan melakukan berbagai kegiatan seperti giat tour guide. Selain itu mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan Sapta Pesona, bagaimana membina destinasi wisata, bagaimana mengolah kuliner dan lain sebagainya. Diskominfo Trenggalek