Kunjungi Trenggalek Kepala BMKG Pusat Dwikorita Apresiasi Komitmen Pemkab Trenggalek Terhadap Mitigasi Perubahan Iklim

berita

08 March 2021

2153
Kunjungi Trenggalek Kepala BMKG Pusat Dwikorita Apresiasi Komitmen Pemkab Trenggalek Terhadap Mitigasi Perubahan Iklim

Kunjungi Kabupaten Trenggalek, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pusat (BMKG), Dwikorita Karnawati mengapresiasi komitmen Pemkab Trenggalek dalam kepedulian dan mitigasi terhadap perubahan iklim, Jumat (5/3/2021).

Disampaikan oleh Dwikorita, komitmen Pemkab Trenggalek tersebut dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang selama ini telah berjalan, serta visi Trenggalek Meroket yang didalamnya mendorong terjaganya ekosistem lingkungan hidup dengan baik.

Salah satunya adalah masuknya indeks kota hijau dalam RPJMD sebagai salah satu indikator utama kinerja di Kabupaten Trenggalek.

Tak hanya itu saja, di Trenggalek juga ada Adipura Desa. Dimana dalam program ini desa di dorong untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.



"Pak Bupati dan Wakil Bupati semuanya sangat positif sangat peduli terhadap pencegahan bencana, pencegahan kerugian sosial ekonomi, dan kepedulian terhadap perubahan iklim," ungkapnya.

Menurutnya komitmen tersebut sangat penting sekali untuk menjaga ekosistem di wilayah Trenggalek ini agar bisa beradaptasi dan memitigasi perubahan iklim.

Disisi lain dalam upaya mitigasi resiko bencana, Kepala BMKG Pusat ini juga merespon positif kesiapan seluruh unsur di Kabupaten Trenggalek dalam menghadapi resiko bencana yang bisa saja terjadi setiap saat.

"Tetap dijaga meroketnya, dan ketangguhan menghadapi bencananya dengan melibatkan generasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam beradaptasi terhadap perubahan iklim," pesannya.



Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang menerima kunjungan Kepala BMKG di Trenggalek mengaku mendapatkan banyak masukan dari BMKG untuk memprovide indikator perubahan iklim yang bisa di update.

Sehingga kemudian bisa digunakan untuk menentukan keputusan baik di sektor pertanian, sektor perikanan, dan juga mitigasi terhadap bagaimana membangun Trenggalek kedepan.

"Karena sekali lagi Trenggalek bercita-cita meroket, tidak hanya memikirkan ekonomi rakyat, membangun SDM kreatif, tetapi paling penting ekosistem terjaga," tutur Bupati Nur Arifin.

"Manfaat ekonominya tidak hanya kita rasakan hari ini dan mungkin beberapa tahun kedepan, tapi selama-lamanya karena kita bisa menjaga alam kita dengan baik," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek