Tren Kasus Positif Menurun, PPKM Mikro Efektif Tekan Laju Penyebaran Covid-19 di Trenggalek

covid-19

10 March 2021

524
Tren Kasus Positif Menurun, PPKM Mikro Efektif Tekan Laju Penyebaran Covid-19 di Trenggalek

Sejak pertama kali diterapkan, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di Kabupaten Trenggalek terus menunjukkan hasil optimal.

Tren kasus baru terkonfirmasi positif yang terus menurun, meningkatnya angka kesembuhan, serta perkembangan zonasi yang terus membaik menjadi salah satu indikator PPKM Mikro berjalan cukup efektif di Kabupaten Trenggalek.

Dilaporkan oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara saat mengikuti rakor evaluasi PPKM mikro bersama seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, bahwa berdasarkan update terakhir angka akumulasi kasus terkonfirmasi positif di Trenggalek sebanyak 3008 kasus, Selasa (9/3/2021).



Sedangkan angka kesembuhan pasien yang terus meningkat sebanyak 2677 sembuh atau 88,99%, dan tren kasus meninggal juga turun cukup signifikan sebanyak 200 orang atau 6,64%.

Sementara itu untuk perkembangan zonasi per RT juga menunjukkan hasil efektif berkat PPKM mikro periode 2-8 Maret 2021.

Dimana saat ini di Kabupaten Trenggalek tidak ada lagi zona merah dan oranye, sedangkan untuk zona kuning cukup sedikit yakni sebanyak 94 RT atau 2,08% dan zona hijau 96,55%.

"Alhamdulilah zona oranye dan zona merah sudah tidak terkonfirmasi lagi," terang Wabup Syah.



Menurunnya tren kasus positif saat ini juga membuat ketersediaan tempat tidur pada gedung isolasi yang disediakan Pemkab Trenggalek menjadi lebih longgar.

Lebih lanjut, terkait realisasi dana desa untuk mendukung pelaksanaan PPKM mikro, dilaporkan oleh Wabup Syah pencairan tahap 1 per 8 Maret 2021 telah cair sebanyak 112 desa.

Kemudian terkait pembentukan posko Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, Wakil Bupati muda ini menyebut di seluruh kecamatan dan desa serta kelurahan telah terbentuk posko Covid-19. Diskominfo Trenggalek