Lakukan Study Referensi ke Trenggalek, Dinas Kominfo Ponorogo Intip Pengembangan Program CSIRT

berita

31 March 2022

95
Lakukan Study Referensi ke Trenggalek, Dinas Kominfo Ponorogo Intip Pengembangan Program CSIRT

Pengembangan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Kabupaten Trenggalek dilirik daerah lain. Selasa (29/3/2022) Pemkab Ponorogo melalui Dinas Kominfo melakukan studi referensi ke Kabupaten Trenggalek guna belajar langsung pengembangan CSIRT di Bumi Menaksopal.

Mewakili jajaran, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Ponorogo Herly Wahyu Margarina diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan, S.Sos, M.Si di Gedung Smart Center.

Herly mengatakan tertarik untuk belajar CSIRT karena Kabupaten Trenggalek dianggap sudah berhasil melaksanakan beberapa tahap terkait pembentukan dan pengembangan CSIRT.

"Kami dari Ponorogo belajar ke Kabupaten Trenggalek khususnya CSIRT dan Satu Data," ungkapnya.

Karena Trenggalek CSIRT cukup bagus, sambung Herly Wahyu, "juga kami mendapatkan informasi untuk rekomendasi karena se Jawa Timur ini termasuk yang sudah melaunching," imbuhnya.

Herly menambahkan, CSIRT di Ponorogo saat ini bisa dikatakan masih taraf pemula, masih menyusun draft mulai dari regulasi sampai dengan operasional.

Untuk itu, pihaknya berharap dalam waktu dekat bisa menyusul keberhasilan CSIRT seperti halnya yang ada di Kabupaten Trenggalek. "Kami perlu mencontoh di Kabupaten Trenggalek," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto menyambut baik kunjungan dari Ponorogo kali ini. "Terkait dengan CSIRT kami berharap di Jawa Timur tidak hanya Trenggalek dan Madiun," tutur Kadis Kominfo.

Mantan Camat Panggul ini melanjutkan, "Kami mendorong melalui studi referensi ini untuk Pemkab Ponorogo agar segera membentuk CSIRT. Ini penting untuk mengamankan dari para peretas di dunia maya," lanjutnya.

Sehingga ketika nanti ada insiden cyber, maka tidak hanya satu kabupaten saja yang bisa melindungi tapi bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama-sama. Edif menambahkan, untuk CSIRT Trenggalek saat ini sudah dibekali perlengkapan cukup mumpuni untuk bisa mendeteksi kerawanan-kerawanan website. Diskominfo Trenggalek