Lantik 241 Pejabat Fugnsional, Bupati Nur Arifin Berharap Penyederhanaan Birokrasi Bisa Mempercepat Pelayanan Bagi Masyarakat

inovasi

03 January 2022

259
Lantik 241 Pejabat Fugnsional, Bupati Nur Arifin Berharap Penyederhanaan Birokrasi Bisa Mempercepat Pelayanan Bagi Masyarakat

Secara virtual, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melantik 241 pejabat struktural kedalam jabatan fungsional dan fungsional dokter pertama di puskesmas dari Gedung Smart Center, Jumat (31/12/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pengangkatan dari jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan ini sesuai ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Bupati Nur Arifin berharap dengan pengangkatan kedalam jabatan fungsional mampu mendorong sistem kerja birokrasi jajarannya menjadi lebih sederhana. Sehingga tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dapat terwujud demi memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat.

"Saya berharap semuanya bisa lebih lincah, bisa lebih koordinatif, bisa lebih berorientasi kepada pelayanan," ungkap Bupati.

Karena, sambung Bupati "yang disederhanakan adalah cara kerja kita, tidak lagi birokrasi berjenjang panjang, tidak lagi menunggu dan terlalu lama dalam mengambil keputusan," lanjutnya.

Harapan Pak Presiden adalah tidak banyak meja yang dilalui, tetapi fungsional ini kemudian memperkuat keputusan, mempercepat eksekusi yang harus diambil, kemudian mempertajam inovasi dalam hal pelayanan.

Lebih lanjut, Bupati meminta penyetaraan jabatan fungsional ini harus dimaknai bahwa cara kerja saat ini berubah, jika dulu strukturnya dari atas ke bawah akan tetapi saat ini antar samping ini juga harus lebih koordinatif.

"Saling memperkuat, saling berkoordinasi, dan saling berkolaborasi, baik antar OPD, maupun lintas OPD," tegasnya.
"Harapannya nanti karena strukturalnya dipotong tidak berlapis-lapis lagi, semoga nanti dalam hal pekerjaan pun juga jenjangnya tidak terlalu banyak, sehingga cukup selesai di Kepala Bidang, kemudian fungsional ini mendukung segala putusan," imbuhnya melengkapi.

Eko Juniati, Kepala BKD Trenggalek menambahkan posisi yang dilantik dalam pengambilan sumpah janji ini adalah pejabat yang menduduki esselon III dan esselon IV.

Untuk esselon III sejumlah 3 orang dan esselon IV sebanyak 238 orang, "Ada lagi kami juga melantik untuk fungsional pertama untuk dokter di Puskesmas yang belum diangkat dalam jabatan fungsional," terang Eko.  Secara keseluruhan, pelantikan kedalam jabatan fungsional ini disebutkan telah memenuhi SOTK yang baru. Diskominfo Trenggalek