Lantik Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Trenggalek, Ini Pesan Bupati Nur Arifin

berita

18 April 2022

162
Lantik Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Trenggalek, Ini Pesan Bupati Nur Arifin

Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Trenggalek periode 2022-2024 dilantik Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Sabtu (16/4/2022).

Melantik kepengurusan baru, Mas Ipin, sapaan akrab Bupati muda ini menyambut baik semangat GP Ansor sebagai organisasi yang semakin hari terus menggeliat. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana GP Ansor Trenggalek yang kini tengah meremajakan kembali kepengurusan melalui pelantikan pada hari ini.

"Semoga bisa betul-betul sesuai dengan harapan dari sahabat Gus Zaki tadi yang ingin Ansor kota ini menjadi wajah dari keseluruhan atau cerminan dari keseluruhan Ansor di Kabupaten Trenggalek," ungkapnya.

Kepada pengurus baru tersebut, suami Novita Hardini ini berikan pesan agar GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pesannya cuma satu, selama Indonesia ini menjadi bangsa yang bersuku-suku, bermacam agama, berbagai suku anak bangsa. Maka disitulah Nahdatul Ulama, disitulah Ansor selalu dibutuhkan sepanjang zaman selama Indonesia ini berdiri," pesan Bupati.

Menurut Mas Ipin hal ini dikarenakan Indonesia ini butuh yang mengayomi, Indonesia ini butuh kelompok-kelompok yang bisa mengayomi, yang bisa melindungi, dan itu sudah DNA nya (Ansor).

"Jadi kalau kok ada Ansor Banser provokasi itu tidak benar, tapi kalau Ansor Banser itu kemudian melindungi, mengayomi, menjaga keutuhan, melakukan kontra narasi terhadap hal yang sifatnya pecah belah adu domba, ya itulah domainnya Ansor," tuturnya.

Peran dan tangangan Ansor menurut Bupati saat ini sangat besar di tengah masyarakat. Diantaranya adalah menyelamatkan Indonesia dari polarisasi, menyelamatkan Indonesia dari perpecahan adu domba, disitu letaknya teman-teman Ansor dan Banser

Bupati Nur Arifin juga menyebut, Pemkab Trenggalek saat ini sedang menyiapkan terkait dengan Pancasila dan wawasan kebangsaan. Dimana disana nantinya juga diatur bagaimana TNI Polri nanti membina termasuk menggalakkan seluruh organisasi kepemudaan baik yang berbasis kelompok maupun yang berbasis agama.

 

"Peran Ansor nanti disitu akan sangat penting, jadi nanti saya akan minta bantuan ketika Perda itu selesai, nanti kita keliling bagaimana kita ini membumikan Islam, tidak mengIslamkan bumi," tegas Bupati.

Ditambahkan olehnya, "Kalau mengislamkan bumi, semua yang tidak Islam disuruh masuk Islam begitu kira-kira, tapi kalau membumikan Islam ya nilai Islam yang kita bumikan, ya Tawaduknya, Andap asornya, ya apapunlah yang baik dari agama kita," imbuhnya.

"Sehingga bisa menjadi inspirasi bisa menjadi pintu hidayah bagi seluruhnya," harapnya menutup. Diskominfo Trenggalek