Mas Ipin Lantik Pengurus DPC HNSI Trenggalek Masa Bahkti 2022 - 2027

berita

21 September 2022

44
Mas Ipin Lantik Pengurus DPC HNSI Trenggalek Masa Bahkti 2022 - 2027

Pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Trenggalek Masa Bhakti 2022-2027 dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang sekaligus Ketua DPD HNSI Jawa Timur.

Berdasarkan musyawarah cabang 3 daerah pesisir di Trenggalek, Bambang Supiyat terpilih dan dilantik sebagai Ketua DPC HNSI Trenggalek, pelantikan ini sendiri berlangsung di Aula PPN Prigi, Senin (19/9/2022).

Melantik pengurus DPC HNSI Trenggalek, Bupati Nur Arifin berharap keberadaan HNSI di Trenggalek bisa membantu mengurai satu persatu setiap permasalahan yang dialami nelayan.

 


 

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini mengingatkan, dimasa pergerakan nasional, masyarakat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dengan wadah organisasi, baik lintas agama, politik, kesukuan, kedaerahan.

"Kalau dulu ada yang namanya nelayan marhaen, ada yang namanya nelayan islam, nah itu semua digabungkan bersatu dalam wadahnya HNSI. Maka saya pesankan kepada seluruh pengurus tidak hanya mengurusi pengurus, tapi juga seluruh nelayan," ungkap Mas Ipin.

"Saya berharap semua urusan nelayan, kegelisahan apapun, ada urusan apapun, ya dikomunikasikan dalam organisasi, kemudian nanti diteruskan kepada pihak yang memang memiliki kewenangan," tuturnya.

 


 

Mas Ipin juga mengaku ingin mewujudkan 4 pusat kawasan pertumbuhan, dimana selain area perkotaan, salah satunya ditujukan pada kawasan pesisir di Watulimo, Munjungan, dan Panggul. Untuk itu Bupati meminta pelayanan ditempat tersebut bisa setara dengan pelayanan di kawasan seputar perkotaan Trenggalek.

Mas Ipin mencotohkan, upaya ini juga sudah mulai diwujudkan perlahan seperti dengan adanya UPT Dukcapil di Watulimo Panggul dan Munjungan, Rumah Sakit di wilayah Panggul, serta juga di Watulimo yang masih tahap perencanaan.

Lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan di sektor perikanan, Mas Ipin berharap kedepan ada bussiness matching yang mempertemukan antara nelayan Trenggalek dengan nelayan maupun pengusaha di daerah lain.

 


 

"Harapannya kalau bisnis matchingnya bisa inline, tidak ada lagi mengeluh kalau musim ikan harga jelek, karena kita punya saluran penjualan sektor potensial yang bisa kita kerjasamakan," tegas Mas Ipin. Diskominfo Trenggalek