Masuki Usia ke-73, TNI Makin Tunjukkan Profesionalisme Untuk Rakyat

berita

05 October 2018

1666
Masuki Usia ke-73, TNI Makin Tunjukkan Profesionalisme Untuk Rakyat

Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah memasuki usianya yang ke-73 pada 5 Oktober 2018, di usianya yang matang, garda terdepan pelindung Negara Kesatuan Republik Indonesia ini semakin menunjukkan integritas dan profesionalisme kinerjanya kepada rakyat.  Seperti dalam Amanat Panglima TNI yang disampaikan oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT TNI ke-73 di Lapangan Makodim 0806 Trenggalek, Jumat (5/10).

Sesuai tema peringatan HUT TNI ke-73 “Profesionalisme TNI untuk Rakyat”, Bupati sampaikan bahwa seiring bertambahnya usia TNI harus di imbangi dengan profesionalisme yang kuat.  Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi  dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam  ancaman  dan  gangguan.

TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam Perserikatan Bangsa Bangsa ke berbagai negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam  mewujudkan  perdamaian dunia.   Kiprah TNI dalam berbagai  bentuk penugasan baik di dalam maupun luar negeri, membentuk TNI menjadi postur yang disegani.

Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks.  Perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global, telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru. Krisis ekonomi yang diikuti dengan ketegangan percaturan politik global, membawa  ketidakpastian dan  kekhawatiran dalam menjangkau prospek masa depan. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di bidang informatika, siber, komunikasi,  transportasi,  biomolekular, militer, ruang angkasa,  dan lain sebagainya.

Dipenghujung sambutannya, Bupati menyampaikan beberapa poin penekanan terhadap seluruh peserta upacara yang hadir khususnya bagi anggota TNI seperti perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, mantapkan netralitas TNI, dan jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

“Selamat ulang tahun ke-73 dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang kita cintai dan banggakan bersama,” ucap Bupati mengakhiri sambutannya. Diskominfo Trenggalek