Novita Hardini Raih Penghargaan Sebagai Ketua Forika Terbaik di Jatim Dalam Upaya Penurunan Angka Stunting

prestasi

09 December 2021

344
Novita Hardini Raih Penghargaan Sebagai Ketua Forika Terbaik di Jatim Dalam Upaya Penurunan Angka Stunting

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini raih penghargaan sebagai Ketua Forikan terbaik di Jawa Timur dalam upaya menurunkan angka stunting melalui kegiatan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Tahun 2021, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Forikan Jawa Timur, Arumi Bachsin dalam acara sarasehan Hari Ikan Nasional Jawa Timur tahun 2021, di Hotel Vasa Kota Surabaya.

Kerja keras Novita Hardini dalam mendorong konsumsi ikan di Kabupaten Trenggalek memang patut diacungi jempol. Seperti dalam beberapa waktu lalu, penggiat perempuan ini melaunching program Putri Lintas Selatan untuk menekan angka stunting di Kabupaten Trenggalek.

Baik dengan pendampingan bagi calon pengantin serta ibu hamil mengenai pentingnya lingkungan yang sehat termasuk pemenuhan gizi untuk pencegahan balita stunting.

Menerima penghargaan, perempuan berparas cantik ini menuturkan "intinya harus tetap terus memberikan yang terbaik buat Trenggalek. Terus harus tetap memotivasi diri untuk terus berinovasi. Itu saja sih tidak bisa banyak omong," ungkapnya.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah program yang bisa terus dieksekusi dengan baik. Selain itu Novita sebagai Ketua Forikan Trenggalek juga terus berupaya untuk memberikan inspirasi dan contoh kepada seluruh organisasi yang ada di Trenggalek.

Lebih lanjut, ibu 3 putera ini menyebut penghargaan yang diraih bukanlah capaiannya sendiri, melainkan kerja keras banyak pihak.

"Tentunya bukan capaian saya pribadi, semua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Dinas Perikanan juga telah berupaya luar biasa. Kolaboratif, kerjasama, energinya dicurahkan bersama sama untuk mengentaskan stunting di Kabupaten Trenggalek. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK, karena saya memiliki tim yang sangat tangguh," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, Cusi Kurniawati menambahkan Pemerintah Trenggalek terus berupaya menurunkan angka stunting di daerahnya dengan peningkatan angka konsumsi ikan.

Dengan Kampanye GEMARIKAN yang disertai penyaluran bantuan paket ikan segar dan ikan olahan ke lokasi-lokasi Stunting termasuk juga dengan beberapa upaya lain seperti bantuan paket budidaya ikan lele untuk keluarga (Kolega).

Pada 2019 lalu, Dinas Perikanan menyasar 40 kepala keluarga di Desa Mlinjon Kecamatan Suruh. Sedangkan di tahun 2020 menyasar 40 kepala keluarga di Desa Nglebo, Kecamatan Suruh dimana kedua desa ini sendiri merupakan salah satu locus stunting.

Upaya-upaya yang dilakukan tentunya  meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Trenggalek dari tahun ke tahun. AKI Tahun 2019 sebesar 30,10 kg/kapita/tahun, ditahun berikutnya meningkat menjadi 31,34 kg/kapita/tahun. Angka ini terus diupayakan untuk bisa terus meningkat agar konsumsi ikan bisa terus naik dari waktu ke waktu. Diskominfo Trenggalek