Pembuakaan Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan "Musrena Keren" Oleh Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin

berita

15 March 2019

2095
Pembuakaan Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan

Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Afirin membuka secara resmi kegiatan "Musrena Keren" Kabupaten Trenggalek 2019 di Hall Hotel Bukit Jaas Permai. Kamis, (14/03). Musrena Keren merupakan Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan.

Mengambil tema "Sinergitas Pembangunan Pariwisata dan Implementasi e-Goverment dalam rangka Peningkatan Daya Saing Daerah dan Pelayanan Publik", Musrena Keren ini menjadi satu-satunya Musyawarah Perempun, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan yang digelar di Jawa Timur.

Musrena Keren merupakan bentuk keperpihakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk menyediakan musyawarah dan event khusus yang berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan hinggga ke tingkat Kabupaten.

Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Trenggalek sudah mendukung kebijakan tersebut melalui kebijakan Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2019. Peraturan tersebut merupakan bentuk keperpihakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Bupati Trenggalek untuk mengakomodir kelompok perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan dalam perencanaan pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin didampingi istrinya Novita Hardini, SE menyerahkan Piagam Penghargaan Musrena Keren Award 2019 kepada 4 Kecamatan terpilih. Ke empat Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pule, Kecamatan Durenan, Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Pogalan.

Dalam sambutannya, pria muda yang akrab disapa Cak Ipin ini menuturkan bahwa sudah banyak kajian peran kelompok perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan ini penting untuk diutamakan. Mengapa demikian, karena mereka punya hak yang sama untuk dapat terakomodir dengan baik.

"Jadi kalau diberikan forum khusus seperti ini, harapan kami suara-suara dari anak, suara-suara mereka yang berkebutuhan dan berkemampuan khusus itu bisa ter-speak up dengan baik karena punya waktu khusus untuk membahas masalah-masalah yang memang dekat dengan sekitar mereka", terang Plt. Bupati.

Dalam Musrena Keren sendiri diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari ASN, Kepala Desa maupun para peserta Disabilitas, dengan menghadirkan narasumber dari Unicef Indonesia Arie Rukmantara. Selain itu, isteri Plt. Bupati Trenggalek Novita Hardini, SE juga menjadi salah satu pembicara dalam Talk Show Musrena Keren tahun ini. Diskominfo Trenggalek