PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK TERIMA KUNJUNGAN KERJA KONSULAT JENDERAL JEPANG DI SURABAYA, MR.TANI MASAKI

berita

27 January 2020

1843
PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK TERIMA KUNJUNGAN KERJA KONSULAT JENDERAL JEPANG DI SURABAYA, MR.TANI MASAKI

Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin menyambut dengan hangat kunjungan kerja dari Konjen Jepang kali ini di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Rabu (23/1). Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin memberikan pemaparan mengenai perkembangan Kabupaten Trenggalek. Trenggalek sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dijelaskan oleh Bupati H. Moch. Nur Arifin memiliki potensi yang begitu besar untuk dikembangkan, mengingat saat ini Trenggalek juga menjadi daerah yang menjadi lokasi pembangunan program strategis nasional di kawasan selatan Jawa.

 

Pembangunan program strategis kawasan selatan Jawa di Trenggalek yang dimaksudkan oleh Bupati meliputi pembangunan Jalur Lintas Selatan Jawa dan Pelabuhan Niaga Prigi yang dapat mendukung geliat perekonomian khususnya di kawasan pesisir selatan dan Selingkar Wilis. "Jadi kunjungan Mr.Tani Masaki, satu kunjungan persahabatan antar kedua negara khususnya Mr. Tani Masaki ketika di Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur salah satunya memiliki fokus pengembangan kawasan selatan. Nah ini sangat dekat sekali dengan potensi perikanan, kemudian logistik jalur laut, ekonomi kreatif lewat pariwisata," terang Bupati Nur Arifin. "Nah Mr.Tani Masaki ingin sebenarnya mengajak para mitra swasta yang ada di Jepang untuk bisa bekerjasama lebih erat dengan Indonesia. Nah salah satunya Mr.Tani Masaki ingin tahu strategi apa dari setiap pemerintah daerah untuk kemudian memberikan ruang kepada kerjasama. Salah satunya kami tadi menjelaskan tentang bagaimana posisi strategis Trenggalek dengan teluk yang paling luas, paling dalam," jelasnya melengkapi.

 

Ditambahkan oleh Bupati muda ini, adanya Pelabuhan Prigi nantinya akan diusahakan untuk disambungkan melalui tol hingga bandara yang rencananya segera akan dibangun di Kediri.

 

"Kita punya pelabuhan, terus nanti di Kediri ada bandara kita berusaha itu bisa dikonekkan dengan tol, kemudian kita siapkan lahan-lahan yang siap kita kerjasamakan dengan skema lelang investasi dengan memberikan kemudahan pajak, dan memberikan kerjasama yang lebih menguntungkan bagi para mitra juga bagi masyarakat," imbuhnya.

Usai menerima secara hangat di ruang Paringgitan, Bupati Nur Arifin bersama Mr. Tani Masaki bertolak menuju Watulimo untuk melihat langsung beberapa potensi pembangunan yang ada disana. Beberapa titik yang dikunjungi diantaranya adalah Pantai Cenkrong, Tambak Udang di Prigi, Pelabuhan Niaga, dan area sekitar Pantai Mutiara. Diskominfo Trenggalek