PEMKAB ADAKAN BIMTEK LAPOR!-SP4N BAGI ADMIN DAN PEJABAT PENGHUBUNG
Dalam
rangka peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai dengan Surat Edaran Menteri
PANRB Nomor 4 tahun 2016 yang meminta semua daerah menerapkan peningkatan
pelayanan aspirasi publik melalui sistem LAPOR!. Pemkab Trenggalek melalui
Dinas Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kolaborasi Masyarakat dan
Pelayanan Kesejahteraan (KOMPAK) selenggarakan bimbingan teknis (BIMTEK) bagi
petugas admin dan pejabat penghubung LAPOR!-SP4N di gedung Bhawarasa, Selasa
(23/4) Pagi. Mewakili Bupati Trenggalek, Kepala Dinas Kominfo Drs. Catur Budi
Prasetyo membuka kegiatan yang diikuti oleh segenap pejabat dan admin dari OPD
dilingkup Pemkab Trenggalek. Turut hadir narasumber dari Deputi Staff
Eksekutif KSP Fanni Irsanti dan perwakilan dari Frontline Service Coordinator
KOMPAK Jawa Timur Kurniawan.
Keberadaan
sistem LAPOR!-SP4N ini sebenarnya sudah ada dari dulu, hanya berubah nama dari
UKP4 menjadi SP4N. Sesuai fungsinya sistem LAPOR! mengajak masyarakat untuk
ikut berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah melalui pemanfaatan
aplikasi. Tujuan diadakannya bimbingan teknis ini adalah meningkatkan
pengetahuan petugas admin dan pejabat penghubung dalam mengelola maupun
merespon pengaduan yang diterima dan mendorong konsep pengaduan satu pintu. Ada
2 pembagian peran dalam sistem LAPOR! yaitu admin dan pejabat penghubung. Peran
admin dalam hal ini Dinas Kominfo melakukan pendistribusian dan menjaga
kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik di instansi, sementara pejabat
penghubung melakukan internalisasi dan memberikan respon terhadap
laporan.Laporan yang diberikan oleh masyarakat kepada admin selanjutnya akan di
klasifikasikan menjadi 4 jenis menyesuaikan konteks yang ada di dalam laporan
itu sendiri. Klasifikasi jenis laporan yang masuk meliputi pengaduan, aspirasi,
permintaan informasi dan whitleblowing atau penyalahgunaan wewenang. Jadi
kedepannya masyarakat sangat dimudahkan untuk membuka akses penyampaian masukan
baik laporan kesalahan atas penyelenggaraan pemerintahan maupun saran langkah
yang bisa diambil pemerintah dalam pelayanan publik.
Pada
kegiatan tersebut, Kurniawan mengapresiasi bahwa ini sebuah inisiatif baik
dalam membangun pelayanan publik yang baik bagi masayarakat. “Salah satu alat
untuk mendorong bagaimana layanan publik yang responsif adalah salah satunya
menggunakan aplikasi lapor ini. Kita melihat yang terjadi dalam konteks
pelatihan kita sangat senang melihat para peserta semua sangat antusias untuk
mengikuti kegiatan ini, serta kita melihat mereka sudah tahu tentang apa itu
lapor dan tinggal bagaimana kedepan kemungkinan Kominfo untuk mengkoordinir
kembali supaya hal-hal yang sudah dilatihkan tidak hilang dan menjaga sampai
launching programnya Lapor di Trenggalekâ€, imbuhnya.
Pada
kesempatan yang sama narasumber Fanni Irsanti juga memberikan apresiasi atas
inisiatif dari Diskominfo Trenggalek untuk mengadakan acara bimbek lapor ini.
“Saya rasa ini awalan yang cukup baik tinggal bagaimana nanti tim admin
Diskominfo bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat dan juga menyampaikan
ke OPD-OPD terkait dengan pengaduan aspirasinyaâ€, ujarnya.
“Saya harap sangat mudah karena lapor bisa diakses melalui website atau paling gampang sms dengan Trenggalek spasi aduan kirim ke 1708 maka laporan bisa langsung ditindaklanjuti oleh admin dan pejabat penghubung yang ada di Pemkab Trenggalekâ€, imbuhnya usai acara bimtek lapor. Diskominfo Trenggalek
Untuk Materi LAPOR!-SP4N dapat di download di bawah ini :