RIBUAN SISWA MERIAHKAN GEBYAR PAUD 2017 DI ALUN-ALUN TRENGGALEK

berita

29 May 2017

2086
RIBUAN SISWA MERIAHKAN GEBYAR PAUD 2017 DI ALUN-ALUN TRENGGALEK

Ribuan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Trenggalek mengikuti Gebyar PAUD tahun 2017 dalam rangka peringatan Hardiknas di Alun-alun Trenggalek, Jumat (16/5). Kegiatan yang dibuka oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Trenggalek Drs. Ali Mustofa, M.Si ini mengusung tema "memberikan stimulus keterampilan dan kecerdasan anak usia dini menjadi paud berkualitas".

 

Sebelum acara perayaan dimulai, sejumlah siswa yang tergabung dalam Forum PAUD Kabupaten Trenggalek menyuguhkan senam bugar anak Indonesia yang ditampilkan oleh siswa taman kanak-kanak. Tak mau ketinggalan, para ibu guru pendidik PAUD juga ikut menampilkan atraksi tarian nusantara, tari nusantara adalah tari-tarian dari berbagai unsur kebudayaan daerah di Indonesia dengan iringan musik tradisional.

 

Gebyar PAUD merupakan salah satu media bagi guru dan peserta didik PAUD dalam mendukung pelaksanaan bakat dan minat bagi guru dan peserta didik. Keberadaan kegiatan ini juga memberikan penghargaan dan stimulus pada pendidik dan peserta didik PAUD agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi diri. Di Trenggalek, Gebyar PAUD sebenarnya telah diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan lomba di lingkungan Disdikpora sejak 14 Mei 2017 dan diikuti oleh 2000 peserta yang terdiri dari 1000 guru dan 1000 peserta didik usia dini. Lomba-lomba yang digelar meliputi 12 cabang perlombaan seperti geguritan, deklamasi, mendongeng, menyusun balok kreasi guru, membaca buku cerita, menggambar menggunting dan menempel, gambar seni guru, menyanyi tunggal guru, lari estafet peserta didik paud, lari estafet guru, senam bugar anak indonesia.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Drs. Ali Mustofa, M.Si menyampaikan bahwa usia dini merupakan periode yang penting dalam membentuk kepribadian dan bakat seorang anak" Periode anak usia dini merupakan periode yang strategis untuk menumbuh kembangkan berbagai kemampuan anak seperti moral, agama, fisik, bahasa, sosial serta seni. Karenanya keberadaan paud harus dirancang sebaik mungkin dengan harapan pendidikan di paud menjadi suatu khasanah untuk membentuk karakter yang baik dan akhlak yang mulia, serta menjadi bekal ilmu untuk masuk sekolah dasar," tuturnya.

"Saya berharap agar anak-anak PAUD bermain dengan sistem yang terarah dengan memberikan contoh-contoh yang baik. Karena pendidikan yang pas dan mengena menjadi penting bagi anak-anak PAUD, anak merupakan aset bangsa yang harus dilindungi. Karena itu diharapkan anak-anak kita dapat terpenuhi segala hak-haknya untuk tumbuh dan berkembang agar mereka kelak tumbuh menjadi generasi emas seperti yang kita harapkan," imbuhnya. Diskominfo Trenggalek