Pemkab Trenggalek Anugerahkan Soetran Award Karegori TSP, Begini 3 Hal Utama Yang di Tekankan bupati Nur Arifin

berita

12 November 2021

67
Pemkab Trenggalek Anugerahkan Soetran Award Karegori TSP, Begini 3 Hal Utama Yang di Tekankan bupati Nur Arifin

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menganugerahkan Soetran Award kategori Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) kepada sejumlah BUMN, BUMD, perusahaan swasta yang tergabung dalam Forum CSR Kabupaten Trenggalek, Kamis (11/11/2021).

Penganugerahan Soetran Award yang berlangsung di Agropark ini dilaksanakan sebagai wujud apresiasi Pemkab Trenggalek atas sumbangsih perusahaan dalam mengawal pembangunan di Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengaku senang ada banyak wajah baru anggota Forum CSR yang didominasi pengusaha lokal. Hal ini diharapkan dapat mendorong kolaborasi aktif seluruh pelaku usaha di Kabupaten Trenggalek.

Menyerahkan penghargaan ini, Bupati Nur Arifin menekankan 3 hal utama untuk dipedomani dalam arah pemanfaatan tanggungjawab sosial perusahaan atau yang biasa disebut CSR ini.

Tiga hal tersebut diantaranya adalah pemberdayaan perempuan dan kelompok rentan, pengembangan desa wisata, serta lingkungan hidup yang juga masuk dalam indeks pembangunan Kabupaten.

Pemberdayaan perempuan dan kelompok rentan menurut Bupati menjadi sangat penting sebagai bentuk dukungan terhadap indeks pembangunan manusia dan upaya pembangunan inklusif.

Selain itu terkait desa wisata, pemimpin muda ini meminta agar perusahaan mendukung pengembangan desa wisata yang memiliki potensi luar biasa untuk terus berkembang meskipun dimasa pandemi covid-19.

Selanjutnya ialah fokus terhadap lingkungan hidup, dimana Trenggalek memiliki indeks kota hijau didalamnya sehingga perusahaan diharapkan ikut membantu memberdayakan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini perlu agar ada ekonomi hijau yang bergerak, sehingga banjir, kekeringan bisa dihindarkan.

"Tinggal sekarang perusahaan tinggal mendesain, yang sesuai dengan values perusahaan masing-masing. Makanya dengan adanya forum ini, terus kita beri penghargaan untuk yang tergabung dalam forum harapannya itu juga bisa mendukung dunia usaha," ungkap Bupati.

"Ini masih bergeser satu hari dari peringatan Hari Pahlawan, saya nyatakan anda semua pahlawan pahlawan pembangunan di Kabupaten Trenggalek," pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati muda ini juga membentuk dan mengukuhkan kepengurusan forum pelaksana Tanggungjawab Sosial Perusahaan periode 2021-2026.

Sejumlah perusahaan yang berhasil meraih Penghargaan Soetran Award Tahun 2020 Kategori Kemitraan salah satunya ialah PT. PJB UBJOM Pacitan.  Kemudian untuk kategori TSP terbaik ada, PT. BRI (Persero) Tbk KCP Trenggalek, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Trenggalek, PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda), PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk KCP Trenggalek, PT. BNI (Persero) Tbk KCP Trenggalek, dan PR. Alfi Putra. Diskominfo Trenggalek