PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-109

berita

24 May 2017

1912
PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-109

Segenap aparatur Pemerintah Kabupaten Trenggalek melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2017 di alun-alun Trenggalek. Upacara peringatan yang dilaksanakan serentak oleh Kantor,Instansi Pemerintah, maupun swasta di seluruh Indonesia tersebut mengambil tema "Pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional". 

 

Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak bertindak sebagai inspektur upacara, turut hadir para tamu undangan dari Forkopimda, pimpinan DPRD, dan pejabat dari OPD dilingkup Pemkab Trenggalek. Hari kebangkitan nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Terutama mengenang lahirnya organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908 yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

 

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika yang dibacakan Bupati Trenggalek menekankan pemerataan pembangunan di berbagai sektor " Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini.  Malah sejak awal, dalam program nawacita yang disusun Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi. Pembangunan pemerataan antar wilayah hendak diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,". sambut Bupati.

"Pemerintah juga melakukan pemerataan di sektor Kominfo melalui program Palapa Ring, berupa proyek pembangunan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan internet berkecepatan tinggi (Broadband) dapat dinikmati secara luas," imbuhnya.

 

Usai upacara di Alun-alun , acara  dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trenggalek. Tabur bunga  dan pembacaan doa dilaksanakan sebagai wujud penghargaan bagi para pahlawan, yang dengan jasa-jasanya telah rela mengorbankan segenap jiwa raga untuk mencapai kemerdekaan hingga dapat kita nikmati seperti sekarang ini. Diskominfo Trenggalek