Pemkab Trenggalek Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

covid-19

29 January 2021

198
Pemkab Trenggalek Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mulai mencanangkan vaksinasi covid-19, vaksinasi pertama diterima oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Pencanangan vaksinasi perdana berlangsung di Pendhapa Manggala Praja Nugraha. Terdapat 10 orang penerima pertama vaksin covid-19 mulai dari jajaran Forkopimda hingga tokoh masyarakat. Selanjutnya vaksinasi diikuti oleh seluruh Puskesmas Kabupaten Trenggalek.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek dr.Saeroni, M.MRS menjelaskan vaksinasi menjadi upaya efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Vaksin yang digunakan merupakan virus yang sudah mati dan melalui berbagai uji klinis untuk memastikan aman digunakan. Tak hanya itu saja, vaksin ini juga telah diuji oleh Majelis Ulama Indonesia sehingga dapat dipastikan kehalalannya.



Pentahapan kelompok prioritas penerima vaksin tahap pertama Januari sampai April 2021 adalah tenaga kesehatan. Tahap pertama vaksinasi ditujukan 2759 sasaran, sedangkan fasilitas vaksinasi berada di seluruh Puskesmas yang akan dikembangkan di rumah sakit dan klinik.

Tahap kedua juga sama Januari sampai April dengan sasaran petugas pelayanan publik, anggota TNI dan Polri, dan petugas pelayanan publik lainnya.

Tahap ketiga April 2021 sampai Maret 2022 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial sosial dan ekonomi. Tahap ke empat dengan waktu pelaksanaan sama dengan sasaran vaksinasi masyarakat dan pelaku perekonomian dengan pendekatan klaster.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan di fase awall Covid-19 bisa dilakukan pembatasan wilayah karena belum ada transmisi lokal. Kondisi berbeda saat ini dimana telah ada transmisi lokal sehingga dibutuhkan kekebalan kolektif.



Disamping vaksinasi, pendisiplinan wilayah juga dipandang perlu demi menegakkan protokol kesehatan berupa gerakan 3M. Untuk itu seluruh elemen masyarakat diharapkan mau mendukung upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Bupati Nur Arifin menyebut vaksinasi merupakan bentuk kabar bahagia dan nikmat luar biasa bagi tenaga kesehatan.  Karena dimasa pandemi ini yang paling rentan terpapar adalah tenaga kesehatan.

"Semoga vaksin ini menjadi penambah keteguhan tenaga kesehatan untuk bisa menjalankan tugasnya kedepan," tuturnya.

"Semoga vaksinasi berjalan lancar, dan Trenggalek bisa terbebas dari corona karena telah terbentuk kekebalan komunitas," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek