Pemkab Trenggalek Mulai Vaksinasi 43 Ribu Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun

covid-19

04 January 2022

422
Pemkab Trenggalek Mulai Vaksinasi 43 Ribu Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun

Setelah berhasil lampaui capaian vaksinasi hingga 70 persen untuk dosis pertama dan lansia, Pemerintah Kabupaten Trenggalek kini mulai melaksanakan vaksinasi untuk kelompok anak usia 6 sampai 11 tahun.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin didampingi Wakil Bupati Syah Muhamad Natanegara bersama jajaran Forkopimda meninjau launching vaksinasi pertama untuk anak tersebut di SDN 2 Surodakan, Senin (3/2/022).

Bupati Nur Arifin mengatakan "Hari ini hari pertama kita melakukan vaksin usia anak di awal tahun. Tentu karena sudah melampaui 70 persen dosis 1 untuk dewasa dan 60 persen dosis untuk lansia sudah terlampaui," terangnya.

Kemudian dengan capaian tersebut, Bupati menambahkan kini Pemkab Trenggalek fokus melaksanakan vaksinasi untuk kelompok anak usia 6 sampai sebelas tahun. "Kita akan terjun ke sekolah-sekolah. Hari ini ada sekitar 530-an sasaran dan alhamdulillah relatif lancar. Meskipun ya ada 1, 2 yang pobia untuk disuntik, jadi belum disuntik mereka sudah histeris duluan. Tapi hanya sebagian kecil saja," ungkapnya.

Lebih lanjut, seluruh anak yang divaksin juga memberikan respon cukup bagus yang diharapkan juga ikut menangkal resiko penyebaran varian virus jenis omicron di Kabupaten Trenggalek khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bupati muda ini juga menjelaskan ketersediaan vaksin di Kabupaten Trenggalek terbilang cukup aman dengan sisa 80 ribu dosis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, PPKB Kabupaten Trenggalek, Saeroni menambahkan benar vaksinasi untuk anak bisa digelar setelah capaian vaksinasi untuk masyarakat dewasa dan lansia berhasil menyentuh angka 70 persen.

"Memang ada persyaratannya yaitu untuk dosis 1 harus tercapai 70 persen, kemudian untuk lansia 60 persen, baru boleh melaksanakan vaksinai untuk anak usia 6-11 tahun, ini launching yang pertama di SDN 2 Surodakan ini," terang Saeroni.

Mantan Direktur RSUD ini juga menyebut target anak usia 6 sampai 11 tahun diharapkan bisa rampung 100 persen di Kabupaten Trenggalek, "diharapkan terjadi kekebalan anak tersebut terhadap covid-19," tegasnya.

Senada dengan KaDinkes PPKB, Kepala Disdikpora,  Totok Rudijanto, menjelaskan vaksinasi pelajar SMP untuk usia 13 tahun ke atas sudah mencapai 97%.  Sehingga pelaksanaan vaksin saat ini menyasar kelompok usia 6 sampai 11 tahun.  "Insya Allah mulai besok dilanjutkan di masing-masing korwil," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek