Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan Natamukti Nindya Tahun 2021

prestasi

10 December 2021

357
Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan Natamukti Nindya Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali meraih penghargaan di penghujung Tahun 2021. Natamukti Nindya, penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ini dianugerahkan kepada Pemkab Trenggalek atas upaya mendorong perkembangan UMKM di daerahnya.

Natamukti Nindya juga menjadi raihan penghargaan dengan kategori tertinggi sejak Pemkab Trenggalek mendapatkan penghargaan ini selama 5 tahun berturut-turut sejak Tahun 2016 lalu.

Penyerahan penghargaan diterima secara virtual oleh Wakil Bupati Trenggalek, Pj.Sekretaris Daerah dan sejumlah pejabat terkait dari Gedung Smart Center, Kamis (9/12/2021).

Pj.Sekda Trenggalek, Anis Suwarni, SH, M.Si menuturkan," penghargaan ini menjadikan kami semakin semangat untuk semakin mengembangkan produk, kemampuan para pelaku usaha baik perempuann maupun kelompok disabilitas," ungkapnya.

Terlebih, disaat pandemi melanda Pemerintah Daerah mampu mempertahankan kondisi perekonomian yang ada di Kabupaten Trenggalek. Bahkan beberapa perekonomian pelaku usaha kecil justru mengalami kenaikan omset ditengah pembatasan yang ada akibat pandemi covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Komindag Kabupaten Trenggalek, Drs. Agus Setiyono, menambahkan penghargaan ini diraih berkat salah satu upaya Pemkab Trenggalek dalam mendorong pelaku umkm naik kelas.

Terkait hal ini, Pemkab Trenggalek melakukan pemberdayaan, pendampingan dan fasilitasi terhadap usaha mikro di Kabupaten Trenggalek baik dalam akses permodalan, akses pasar, dan juga standarisasi produk.

Semuanya hal tersebut dilakukan dalam bentuk pelatihan dan juga pendampingan kepada pelaku usaha mikro di Kabupaten Trenggalek.

Terakhir juga diadakan pelatihan bagi 5000 pelaku usaha utamanya dari kelompok perempuan, disabilitas, dan kelompok rentan. Diskominfo Trenggalek