Temui Warga Lumajang, Bupati Nur Arifin Berikan Support Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

berita

13 December 2021

327
Temui Warga Lumajang, Bupati Nur Arifin Berikan Support Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Kunjungi Kabupaten Lumajang, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin serahkan sejumlah donasi untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru sekaligus berikan dukungan terhadap penanganan bencana di Kabupaten ini, Jumat (10/12).

Berangkat sedari pagi dari Gedung Negara Grahadi bersama dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq , Bupati Arifin bertolak menuju Posko Media Center, Kecamatan Pasirian, dan dilanjutkan meninjau langsung lokasi terdampak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Hari ini kita menjenguk saudara-saudara kita di Lumajang. Tadi pagi saya bertemu dengan Pak Bupati Lumajang, berangkat bersama sama dari Grahadi. Ada penyerahan bantuan dari beberapa provinsi (Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Provinsi Jawa Timur)," jelas Bupati Nur Arifin.

Bupati Trenggalek melanjutkan, "Saya ingin mensupport Mas Thoriq, Pak Bupati Lumajang. Karena beliau sempat masa kecil di Trenggalek, jadi seperti keluarga kita. Kita tahu bahwa beliau pasti sangat kesusahan sekali," sambung pria yang akrab disapa Mas Ipin ini.

Kemudian, dari Kabupaten Trenggalek juga sejak kejadian telah mengirim relawan, termasuk kebutuhan dapur umum, maupun bantuan dan donasi lainnya yang terus berdatangan.

Seluruh elemen masyarakat Trenggalek bahu membahu berikan bantuan dan donasi, termasuk dari paguyuban nelayan, ASN, kelompok masyarakat, serta dari sejumlah kecamatan. Untuk itu Bupati Nur Arifin sampaikan terimakasih atas rasa kepedulian masyarakat Trenggalek yang rela bergotong-royong membantu korban erupsi Semeru di Lumajang.

"Semoga Study Recovery bisa segera cepat pulih dan sudah banyak, Pak Presiden sudah kesini, tentu sudah banyak atensi dari seluruh peran publik. Doa dan usahanya pasti untuk masyarakat Lumajang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati muda ini juga mendoakan masyarakat Lumajang untuk tetap kuat dan sabar, "Semoga erupsinya cukup sampek di sini, swmoga tidak ada kejadian tambahan dan semua diberikan keselamatan," ujarnya.

 

Sementara itu, Pj Sekda Trenggalek, Anik Suwarni yang turut mendampingi kunjungan Bupati Nur Arifin menambahkan sejak mendengar kabar Erupsi Semeru pada 4 Desember 2021 lalu, Bupati Trenggalek segera menyampaikan beberapa arahan guna membantu penanganan bencana di Kabupaten Lumajang.

"Beberapa upaya dilakukan pasca Erupsi Semeru terjadi, diantaranya menggalang donasi dari ASN dan juga masyarakat," terang Pj.Sekda Anik Suwarni.

Dijelaskan olehnya, Pemkab Trenggalek beberapa waktu lalu pada kloter telah mengirim sejumlah bantuan dari masyarakat Trenggalek untuk Kabupaten Lumajang.  Baik kebutuhan bahan pokok dan logistik dapur umum maupun kebutuhan pendukung lainnya.

Sedangkan di kloter kedua, ASN Trenggalek juga mengirimkan bantuan berupa kebutuhan pokok seperti beras, mie dan kebutuhan pokok lainnya.  Lantas Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Trenggalek, RSUD dr.Soedomo, Baznas serta Pramuka pun juga langsung sudah mendirikan dapur umum dan sekaligus membatu proses evakuasi warga satu hari pasca erupsi berlangsung.

Lebih lanjut, Pj. Sekda Anik menyebut Pemkab Trenggalek saat ini masih menggalang donasi baik dari ASN maupun pihak pihak yang lain terutama berupa dana.  Sedangkan rencananya donasi ini akan disampaikan pada kloter berikutnya, diharapkan dengan bantuan dana tersebut dapat segera digunakan untuk membantu recovery dan relokasi warga terdampak karena banyaknya pemukiman yang rusak. (Kominfo Trenggalek, disadur dari sumber : Dokpim Trenggalek)