PERINGATI 109 TH KEBANGKITAN NASIONAL MELALUI KESBANGPOL PEMKAB GELAR SEMINAR KEBANGSAAN

berita

18 May 2017

1840
PERINGATI 109 TH KEBANGKITAN NASIONAL MELALUI KESBANGPOL PEMKAB GELAR SEMINAR KEBANGSAAN

Untuk memperingati Kebangkitan Nasional ke 109 yang jatuh pada 20 Mei 2017, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Trenggalek menggelar Seminar Kebangsaan dengan tema “Membingkai Toleransi Umat Beragama Dalam Cita-cita Kebhinekaan dan Keutuhan NKRI” di Pandhapa Manggala Praja Nugraha, Rabu (17/5) Pagi.

 

Dihadiri lebih dari 200 peserta dari berbagai elemen masyarakat dengan menghadirkan narasumber atau pemateri dari Polres dan Kodim 0806 Trenggalek. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak M.Sc

“Tujuan kita hadir adalah Trenggalek hari ini sudah adem tentram maka jangan sampai kita terbawa-bawa masalah lain yang terjadi di belahan lain di Indonesia” ucapnya.

 

Beliau juga menyampaikan kepada peserta seminar bahwa tidak perlu untuk membicarakan apa yang terjadi di kiri kanan tetapi perlu melihat di Trenggalek yang pada hari ini seluruh pemuka agama sudah tentram.

“Ini mengingatkan kembali bahwa di Trenggalek yang namanya toleransi beragama sudah didefinisikan sendiri bahwa kita disini saling menghormati saling menghargai menjaga perasaan satu sama lain dan sebaliknya” imbuhnya.

 

Sementara itu pada kesempatan yang sama Drs. Agus Budi Santoso, M.Pd selaku moderator Seminar menyampaikan bahwa kata seminar berasal dari bahasa latin yang artinya Semin yang berarti Benih. “Kita berharap dan harus berkomitmen bahwa seminar ini sesuai dengan makna istilah lugasnya mampu membuktikan sebagai tempat benih-benih kebijaksaan masyarakat trenggalek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, imbuhnya.Salah satu pemateri pada seminar Kebangsaan tersebut, Kasdim Mayor Musirin perwakilan dari Kodim 0806 memaparkan tentang implementasi nilai-nilai pancasila dalam menjaga keutuhan NKRI. “Pancasila sudah tertanam dari dulu dan jangan sampai merubahnya”, ucapnya.

 

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebangsaan, sebagai bangsa Indonesia yang mampu mengimplementasikan Bhineka Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju NKRI yang berdaulat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman setiap warna negara NKRI yang mempunyai UUD 1945, mempunyai dasar Negara Pancasila serta untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Diskominfo Trenggalek