TINGKATKAN PROFESIONALITAS KERJA, JAJARAN ASN DINAS KOMINFO IKUTI PEMBEKALAN MENTAL DAN SPIRITUAL DI BKD

berita

19 May 2017

1842
TINGKATKAN PROFESIONALITAS KERJA, JAJARAN ASN DINAS KOMINFO IKUTI PEMBEKALAN MENTAL DAN SPIRITUAL DI BKD

Berkaitan dengan program-program peningkatan mental dan spiritual yang diprakarsai oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek, pada 18 Mei seluruh staff dan jajaran pegawai di Dinas Kominfo dan Dinas PMD Trenggalek mengikuti pembinaan mental dan spiritual di Aula BKD Trenggalek.  Dai muda yang sekaligus menjadi dosen di perguruan tinggi di Tulungagung Ust. Anang Wahid Cahyono, L.c, M.Hi menjadi pengisi materi kegiatan.  Pembinaan mental dan spiritual ini adalah rangkaian dari beberapa kegiatan sebelumnya yang telah di lakukan oleh BKD sebanyak 13 kali pada 22 OPD di lingkup Pemkab Trenggalek.

 

Dalam penyampaian tausiyahnya Ust. Anang Wahid Cahyono menuturkan pentingnya keseimbangan antara ibadah dan pekerjaan, hubungan keseimbangan antar 2 hal tersebut adalah suatu hal yang mutlak dilakukan bagi seorang abdi negara.  Dikatakan olehnya tidak bisa kita meninggalkan ibadah dikarenakan sibuknya urusan pekerjaan, begitu pula sebaliknya.

"Ada 4 tipe orang, pertama orang yang rajin berkerja dan rajin ibadah, kedua rajin bekerja tapi malas ibadah, ketiga malas bekerja tapi hanya rajin beribadah, keempat malas bekerja tapi juga malas beribadah," ujarnya.

"Siapa yang mengerjakan pekerjaannya dengan profesional, baik itu laki-laki maupun perempuan yang penting dia rajin ibadahnya.  Hak Allah ibadahnya shalatnya dipenuhi, hak manusia juga dipenuhi sebagai seorang pegawai maka janji Allah pasti akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik," imbuhnya

 

Sementara itu di penghujung acara Ust. Anang juga menyampaikan beberapa tips bagi para ASN guna mempersiapkan datangnya bulan ramadhan.  Pada hakikatnya ibadah puasa semestinya tidak akan mengganggu aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari termasuk bagi para ASN yang bekerja memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Yang perlu kita siapkan sebelum kita berjumpa bulan suci ramadhan salah satunya adalah persiapan spiritual, yang kedua dipersiapkan jasmaninya,  yang terakhir adalah persiapan finansial," tutur Ust. Anang.

 

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan pembinaan mental dan spiritual ini diharapkan membawa rahmat dari Allah SWT baik bagi para ASN secara pribadi maupun bagi masyarakat Trenggalek.  Khususnya dalam rangka meningkatkan peran pegawai negeri sipil yang nantinya diharapkan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Diskominfo Trenggalek