Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 90 dan HUT Provinsi Jatim ke-73, Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Bendera

berita

29 October 2018

1676
Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 90 dan HUT Provinsi Jatim ke-73, Pemkab Trenggalek Gelar Upacara Bendera

Pemerintah Kabupaten Trenggalek Gelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 sekaligus HUT Provinsi Jatim ke-73, Senin (29/10).  Upacara yang berlangsung di Alun-alun diikuti oleh segenap pasukan baik dari unsur ASN, TNI,Polri, maupun pelajar tersebut dipimpin oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Drs. Pariyo selaku Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 mengangkat tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.   Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dalam amanat Inspektur upacara yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, menyerukan agar semangat ikar sumpah pemuda yang sudah tercetus selama 90 tahun tetap terjaga di setiap putra-putri Indonesia. 

Keteladanan yang dapat diambil dari tokoh-tokoh deklarasi Sumpah Pemuda hendaknya dijadikan dasar dan komitmen untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.  Di era saat ini, pemuda mempunyai andil kuat dalam menentukan masa depan dengan peranan teknologi informasi. 

 Teknologi informasi diibaratkan seperti dua mata pisau, satu sisi ia memberikan kecepatan informasi sehingga pemuda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan juga daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah.

Disisi lain, Pj.Sekda juga mengaku bangga atas beberapa capaian pemuda asal Trenggalek yang telah berhasil menorehkan berbagai prestasi baik di kancah nasional maupun internasional.  Pemerintah Trenggalek sendiri bahkan telah memberikan bantuan berupa uang pembinaan kepada pemuda yang berhasil menjuarai perlombaan tingkat nasional dan internasional sebagai wujud apresiatif pemerintah kepada pemuda daerah berprestasi.

Sementara itu dalam rangka HUT Provinsi Jatim ke-73, Pj.Sekda membacakan sambutan sambutan Gubernur Jawa Timur menyampaikan tema “Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital”.  Lebih lanjut dirinya Drs. Pariyo turut mengharapkan momentum ini untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah serta merupakan sarana mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah Jawa Timur.  

E-commerce dan ekonomi digital Jawa Timur hendaknya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin demi mendorong daya saing dan dalam membangun ekonomi daerah khususnya Jawa Timur di tengah kondisi global yang sangat dinamis.  Menutup sambutannya, Pj. Sekda yang mewakili Bupati Trenggalek mengajak seluruh unsur pemerintahan dan pelaku usaha untuk bergandeng tangan membangun bumi pertiwi Jawa Timur menuju kesejahteraan yang lebih baik serta berkeadilan dalam bingkai NKRI. Diskominfo Trenggalek