Resmikan KSU Sumber Makmur Cabang Panggul, Bupati Nur Arifin Sebut Koperasi Sebagai Wajah Ekonomi Indonesia dan Trenggalek

berita

09 February 2022

1066
Resmikan KSU Sumber Makmur Cabang Panggul, Bupati Nur Arifin Sebut Koperasi Sebagai Wajah Ekonomi Indonesia dan Trenggalek

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin resmikan cabang Koperasi Serba Usaha (KSU) Sumber Makmur di Kecamatan Panggul, Selasa (8/2/2022).

Diresmikannya cabang baru ini menurut Bupati Nur Arifin menjadi wujud nyata bahwa koperasi sebagai ekonomi kerakyatan berjalan dan tumbuh dengan baik di Kabupaten Trenggalek.

Bahkan dengan keuletan pengurusnya, KSU Sumber Makmur yang berdiri sejak Tahun 2003 dengan modal awal hanya 10 juta rupiah. Kini koperasi kebanggan masyarakat Trenggalek ini berhasil melebarkan sayap dengan berbagai cabang usaha dengan total aset mencapai 60 miliar rupiah.

“Ini wajahnya Indonesia, wajahnya Trenggalek ya koperasi, makanya kenapa saya membuat aturan bahwa Indomaret, Alfamart tidak boleh dipunyai perorangan, yang punya harus berdiri di atas koperasi,” tutur Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Suami Novita Hardini ini menambahkan "Ini koperasi punya Indomaret, Alfamart, jadi yang punya bukan lagi orang-orang yang cuma satu dua orang yang kaya sendiri, tapi ini kalau kaya harus kaya bersama-sama,” sambungnya.

Lebih lanjut, semangat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di melalui badan usaha koperasi di Trenggalek ini menurut Bupati sejalan dengan cita-cita Bung Hatta.

Dimana salah satu proklamator kemerdekaan ini menjadikan koperasi sebagai usaha untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial yang sesuai dengan perekonomian rakyat.

“Kalau kata Mbah Kyai ya semangat ta’awun, semangat saling tolong menolong, ya itu bentuknya, dari anda, oleh anda yang mengelola kemudian juga manfaatnya untuk anda semuanya,” ujarnya.

Digitalisasi koperasi juga menjadi hal penting yang ditekankan Bupati Nur Arifin saat meresmikan cabang KSU Sumber Makmur.

Dengan digitalisasi, diharapkan layanan koperasi akan mampu bersaing di era modern ini dan semakin mudah dijangkau masyarakat utamanya disaat pandemi. Diskominfo Trenggalek