Safari Ramadhan Di Desa Kamulan, Bupati Nur Arifin Ingatkan Keutamaan Bersedekah

berita

20 April 2021

79
Safari Ramadhan Di Desa Kamulan, Bupati Nur Arifin Ingatkan Keutamaan Bersedekah

Di bulan suci ramadhan kita punya kewajiban tidak hanya beribadah puasa dan amalan yang tidak bisa dilakukan di bulan lain, akan tetapi juga ada kewajiban yang lain yaitu zakat dan sedekah bagi yang mampu. Selain sebagai amal salih, keutamaan sedekah juga diyakini umat muslim dapat menjauhkan dari musibah.

Pesan ini disampaikan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat Safari Ramadhan di Dusun Sendang, Desa Kamulan, Kecamatan Durenan bersama Forkopimda, Senin (19/4/2021).

Bupati Nur Arifin menuturkan ketika dimasa awal turunnya Al Quran, umat manusia yang pertama kali diingatkan oleh Allah SWT adalah orang yang kaya dan memiliki banyak anak. Dimana pada masa itu orang yang memiliki banyak harta dan anak dipandang sebagai pemegang kekuasaan.

"Kenapa sepert itu ? karena orang yang kaya dan punya kekuasaan itu cenderung kemudian berbuat dzalim," tutur Bupati.

"Maka saya mengajak diri saya sendiri, bapak ibu sekalian semoga kita ridak menjadi hamba Allah yang ditegur dalam masa awal turunnya Al Quran," lanjutnya kepada seluruh hadirin Safari Ramadhan.

Bupati juga menceritakan dimasa itu terdapat seorang kaya dan kikir yang sengaja memanen hasil kebunnya di malam hari atau di pagi buta, hanya demi tujuan tidak diketahui oleh tetangganya yang miskin. Maka Allah menghukumnya sehingga pemilik kebun tamak dan kikir tersebut tidak bisa memperoleh hasil kebun seperti yang diharapkan.

"Semoga dengan adanya ibadah puasa yang kita lakukan, juga menambah kedermawanan kita semua. Semua zakat kita menjadi bagian keselamatan kita bersama," ungkapnya.

Lebih lanjut, Suami Novita Hardini ini juga mengingatkan datangnya musibah berupa bencana alam dan pandemi covid-19 yang belum berakhir agar dimaknai dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menghadapi situasi pandemi covid-19 seperti saat ini Bupati muda ini juga meminta agar tidak hanya disikapi dengan pendekatan akal tapi juga dengan pendekatan hati.

Menghadapi situasi pandemi covid-19 seperti saat ini Bupati muda ini juga meminta agar tidak hanya disikapi dengan pendekatan akal tapi juga dengan pendekatan hati.

Jika secara akal, untuk menghindari penyebaran bisa dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.  Namun dengan pendekatan hati bisa dilakukan dengan cara saling menjaga sesama dari resiko penularan covid seperti yang telah disampaikan oleh Pemerintah Pusat. Diskominfo Trenggalek