Sekda Kabupaten Trenggalek Presentasi di Depan Dewan Juri ADLG Award 2024

berita

17 July 2024

6306
Sekda Kabupaten Trenggalek Presentasi di Depan Dewan Juri ADLG Award 2024

Penilaian Ajang Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards Tahun 2024 telah memasuki babak akhir. Kesembilan finalis dari 3 kategori yaitu Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten yang masuk dalam 3 terbaik diuji oleh dewan juri yang terdiri dari unsur Pemerintah, Akademisi, dan Praktisi TIK.

Tak ketinggalan, Sekda Kabupaten Trenggalek, Drs. Edy Soepriyanto yang masuk dalam 3 terbaik kategori Kabupaten turut mengikuti evaluasi ini, Kamis 27 Juni 2024 di Jakarta. Adapun dewan juri ADLG Award 2024 adalah analis kebijakan ahli madya Kementerian Dalam Negeri RI, Ucup Hidayat, Guru Besar Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada, Agus Heruanto Hadna, Direktur Eksekutif Dewan TIK Nasional, Gerry Firmansyah, dan CEO Inixindo Jogja, Andi Yuniantoro.

Dihadapan para juri, Drs. Edy Soepriyanto menyampaikan proses transformasi digital di Kabupaten Trenggalek khususnya selama masa kepemimpinannya menjadi Sekretaris Daerah. Mulai Tahun 2022 s.d. sekarang. Salah satu indikator capaian transformasi digital di Kabupaten Trenggalek adalah meningkatnya nilai indeks SPBE dari Tahun 2022 sebesar 2,55 menjadi 4,21 di Tahun 2023.
 


“Meningkatnya Indeks SPBE ini juga turut mempengaruhi naiknya beberapa IKU (Indikator Kinerja Utama) Kabupaten, di antaranya : Indeks Reformasi Birokrasi, Indeks Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi,” ujarnya.

Salah satu dewan Juri, Gerry Firmansyah, turut mempertanyakan meningkatnya Indeks SPBE Kabupaten Trenggalek yang signifikan ini. “Lompatan apa yang telah Bapak Sekda dan jajaran lakukan, serta apa dampaknya bagi masyarakat Trenggalek?” tanyanya.

Menurut Edy Soepriyanto, salah satu hal sederhana yang dilakukan adalah menekankan peran masing-masing Perangkat Daerah terkait SPBE serta meningkatkan koordinasi di semua stakeholder. “Adapun dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya digitalisasi tentunya akan mendapatkan layanan yang lebih mudah dan cepat,” jawabnya. (Kominfo Trenggalek)