Sekda Trenggalek Dampingi Komandan Kodim 0806 Resmikan Sumur Bor Program TNI Manunggal Air dari Panglima TNI

berita

07 October 2022

822
Sekda Trenggalek Dampingi Komandan Kodim 0806 Resmikan Sumur Bor Program TNI Manunggal Air dari Panglima TNI

Sekretaris Daerah Trenggalek, Drs. Edy Soepriyanto dampingi Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Kav. Peddy Adi Prasetyo meresmikan sumur bor program TNI Manunggal Air di Desa Tanggaran Kecamatan Pule, Jumat (7/10/2022).

Program TNI Manunggal Air merupakan persembahan dari Panglima TNI sebagai wujud sinergitas TNI bersama Pemda setempat dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah rawan kekeringan.

Pada momen HUT ke 77 TNI, Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo menjelaskan, "Ini program Panglima TNI untuk membatu menghadirkan air untuk masyarakat di sini. Kedalaman 130 meter baru keluar air, semoga bermanfaat untuk masyarakat," jelasnya.

Dandim 0806 menyebut nantinya air ini akan disalurkan kepada warga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pertanian, maupun peternakan.

Mendampingi Dandim 0806, Sekda Trenggalek, Edy Soepriyanto menyambut baik upaya TNI dalam menghadirkan sumber air bagi di daerah yang masih rawan kekeringan seperti di wilayah Kecamatan Tanggaran.

 


 

"Terimakasih atas sinergitas yang baik dari TNI dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih warga khususnya di desa Tanggaran, Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek," ungkap Sekda Edy.

Mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra ini menambahkan, "Apalagi nantinya sumur bor ini akan dikelola oleh kelompok masyarakat melalui PAMSIMAS, sedangkan kita nanti memfasilitasi bagaimana tandon air itu terrealisasi. Kemudian pengaturan pendistribusiannya kepada masyarakat agar masyarakat yang membutuhkan itu bisa terdistribusi air bersih," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Camat Pule, Dwi Ratna Widyawati berharap program ini membawa keberkahan bagi warganya. Terlebih kondisi geografis Desa Tanggaran yang berada di ketinggian seringkali menjadikan desa ini rawan kekeringan saat musim kemarau tiba.

Senada dengan Camat Pule, Jemio Kades Tanggaran berikan tanggapan tanggapam positif terhadap program TNI Manunggal Air. "Selaku wakil masyarakat, saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan tentunya sumur bor ini nanti akan bisa bermanfaat karena airnya nanti bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat sekitar," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek