SERIUS WUJUDKAN SMART CITY, PEMKAB TRENGGALEK GAET QLUE

berita

23 February 2018

1751
SERIUS WUJUDKAN SMART CITY, PEMKAB TRENGGALEK GAET QLUE

Pemerintah Kabupaten Trenggalek tengah berupaya keras untuk mewujudkan Smart City di Kabupaten Trenggalek. Dengan menggaet  PT.Qlue Performa Indonesia yang telah sukses membawa DKI Jakarta menjadi kota modern dengan teknologinya, Plt. Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin juga mengharapkan perubahan positif serupa dapat di implementasikan di Kabupaten Trenggalek.

Pada saat rapat koordinasi terkait perencanaan Smart City, perwakilan Qlue diajak ikut berdiskusi dengan beberapa pimpinan OPD, Rabu (21/2). Disaat yang sama Qlue juga menawarkan untuk berkontribusi dalam mendukung peningkatan pelayanan dari Pemerintah Daerah kepada masyarakat khususnya mengenai pelaporan ataupun aduan yang bersumber langsung dari masyarakat. Sehingga disaat masyarakat yang menjumpai suatu permasalahan tertentu terkait pelayanan pemerintah, bisa melaporkan langsung melalui aplikasi  agar bisa dengan cepat direspon untuk ditindaklanjuti.

Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang mensinergikan big data untuk membangun kota-kota masa depan, Qlue dalam hal ini membantu Kota/Kabupaten untuk menggunakan data yang bersumber dari identifikasi dan laporan dari masyarakat sebagai dasar utama untuk membuat suatu regulasi. Bahkan saat ini aplikasi pelaporan aduan masyarakat juga turut membantu kepolisian untuk memecahkan sebuah kasus kriminal.

Usai rapat koordinasi berlangsung, rombongan dari Qlue diajak oleh Plt. Bupati Trenggalek untuk mengunjungi beberapa OPD yang menerapkan layanan pengaduan dari masyarakat. Dari beberapa lokasi tersebut Qlue diajak mengidentifikasi secara langsung permasalahan dan kebutuhan apa yang dibutuhkan dari OPD jika aplikasi dari Qlue diterapkan di Trenggalek.

Dyenti selaku perwakilan Qlue saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kedatangannya di Kabupaten Trenggalek bermaksud membantu memudahkan Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat melalui teknologi sebuah sistem aplikasi. Dirinya menjelaskan bahwa aplikasi yang dikembangkan oleh Qlue ini adalah sebuah aplikasi yang berbasis pelaporan.

"Kita membantu pemerintah dalam hal memetakan masalah yang ada di Kabupaten Trenggalek, dan data-data tersebut sebagai acuan yang bisa dilihat oleh pemerintah memberikan regulasi-regulasi," ungkapnya.
Sementara itu Plt. Bupati Trenggalek menegaskan bahwa Qlue akan lebih fokus dilibatkan untuk membangun sistem pengaduan yang optimal bersama 7 OPD.
"Kita akan fokus untuk menindak lanjuti laporan terbanyak, ada 7 OPD yang mau kita seriusi bangun sistemnya bersama Qlue. Karena di Trenggalek laporan terbanyak terkait kesosialan, kemiskinan, infrastruktur, kebencanaan, adminduk," jelas Plt. Bupati

Plt.Bupati juga menjelaskan tahapan Qlue datang ke Trenggalek kali ini adalah tahap identifikasi, dan masih memetakan apa saja permasalahan yang ada sehingga didapatkan solusi yang benar-benar tepat untuk mendukung layanan pengaduan masyarakat. Dirinya juga menambahkan bahwa usai tahap pemetaan ini akan dilakukan MOU antara Qlue dengan Pemkab Trenggalek. Diskominfo Trenggalek