Smart Gerdana dan Cafe Dita, 2 Terobosan Inovasi Pemkab Trenggalek Masuk Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik KemenpanRB

inovasi

11 July 2022

385
Smart Gerdana dan Cafe Dita, 2 Terobosan Inovasi Pemkab Trenggalek Masuk Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik KemenpanRB

2 terobosan inovasi publik Pemerintah Kabupaten Trenggalek masuk Top 99 Kompetisi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovic) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Pj. Sekda Trenggalek dr Andriyanto memaparkan dua inovasi itu dihadapan tim juri melalui virtual zoom meeting di Smart Center, Rabu (6/7/2022).

Kedua inovasi tersebut diantaranya adalah Smart Gerdana dan Cafe Dita. Inovasi Smart Gerdana sendiri merupakan suatu integrasi sistem sekaligus nama instalasi alat ramah lingkungan berkonsep Dari Alam Untuk Alam.

Smart Gerdana memanfaatkan sekam dan tongkol jagung menjadi arang aktif dan asap cair melalui proses pembakaran tanpa mengeluarkan asap dengan instalasi yang terbuat dari barang bekas.
 


 

Sistem ini dapat mengolah sekam 1,8 ton dalam waktu 1 hari dan 3,9 ton tongkol jagung dalam waktu 2 hari dengan alat pembakar sebanyak 8 unit. Proses pembakaran lebih cepat serta ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara dan kebakaran lahan

Saat ini Smart Gerdana sudah diterapkan di tiga Kecamatan di Kabupaten Trenggalek antara lain di Desa Melis Kecamatan Gandusari, Pertanian Terpadu Desa Gading Kecamatan Tugu dan Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan.

Kemudian inovasi yang kedua adalah Cafe DITA, cafe ini menawarkan tempat nongkrong yang asik bagi para penderita hipertensi.

Inovasi Cafe DITA menyuguhkan beberapa layanan diantaranya meliputi Diaryku hipertensi untuk mengecek tensi penderita hipertensi.
 


Kemudian Informasi skrining, konseling, disini pelanggan cafe akan dilakukan skrining/pemeriksaan tekanan darah serta diberikan edukasi seputar hipertensi.

Selanjutnya adalah Tanya dan Konsultasi obat tentang edukasi penggunaan obat hipertensi yang baik dan benar.

Dan yang terakhir Ajakan germas, dicafe ini pelanggan dilayani untuk melakukan gerakan Masyarakat sehat dengan mengajak olahraga, diet hipertensi, makan buah dan sayur.

Saat ini Cafe DITA sudah berkembang di 16 cabang di wilayah Kecamatan Kabupaten Trenggalek.
 


 

Ditemui usai mempaparkan kedua inovasi tersebut, Pj. Sekda Trenggalek mengatakan "Alhamdulilah Kabupaten Trenggalek melahirkan 2 Top inovasi 99 di Nasional dan kedua itu satu dari Dinas Pertanian dan Pangan dengan Inovasi Smart Gerdananya dan yang kedua dari Dinas Kesehatan dengan inovasinya CAFE DITA," tutur Pj. Sekda Andriyanto.

Staf Ahli Gubernur Jatim ini menambahkan "Kalau kita perhatikan bahwa dari hasil presentasi tadi mudah-mudahan kita berdoa bisa masuk ketahap selanjutnya, karena memang baik SMART GERDANA maupun CAFE DITA adalah diakui oleh para juri tadi adalah inovasi original yang belum ada di Indonesia," imbuhnya. Diskominfo Trenggalek