SUKARELAWAN TASK FORCE POSKO GERTAK RESMI DIKUKUHKAN DALAM UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

berita

05 June 2017

2005
SUKARELAWAN TASK FORCE POSKO GERTAK RESMI DIKUKUHKAN DALAM UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Dalam upacara peringatan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak M.Sc mengukuhkan Task Force posko GERTAK di Alun-alun Trenggalek. Pengukuhan ini disematkan kepada 30 sukarelawan Task Force GERTAK yang berasal dari komunitas penggiat kepedulian sosial IST (Info Seputar Trenggalek. Sebelum dikukuhkan oleh Bupati, para relawan Task Force ini ditanya akan kesiapannya dalam menjadi mitra pemerintah dalam memastikan program-program percepatan penanganan kemiskinan di Kabupaten Trenggalek. 

 

Task Force Posko GERTAK adalah kelompok kerja yang dibentuk oleh tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Trenggalek yang terdiri dari masyarakat yang secara sukarela membantu Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam mengimplementasikan program GERTAK di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Task Force posko GERTAK ini menggunakan seragam berwarna pink yang melambangkan ketulusan dan kasih sayang, dan nantinya Task Force posko GERTAK akan disebut sebagai "Pasukan Pink". Task Force posko GERTAK beranggotakan 30 orang yang akan mengabdi di 14 kecamatan dan turun ke desa-desa untuk memastikan program-program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Trenggalek agar tepat sasaran. 

 

Saat dikonfirmasi usai upacara peringatan, Bupati Trenggalek mengharapkan dengan adanya Task Force Posko GERTAK ini akan menjadi salah satu angin segar bagi percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Trenggalek "Kita berharap dengan adanya posko ini bantuan pelayanan kepada masyarakat miskin lebih tepat sasaran, lebih cepat dalam merespon kebutuhan, bahwasanya semangat saling membantu antar masyarakat dapat diwujudkan di kabupaten trenggalek," ucap Bupati. 

 

"Mereka inilah yang menjadi garda terdepan kita untuk bisa menggalang seluruh elemen dalam melayani masyarakat yang membutuhkan di Trenggalek. Intinya kita kembali lagi bahwa kita berharap momen hari lahir Pancasila ini memberikan semangat yang berkelanjutan bagi rekan-rekan Task Force posko GERTAK," jelasnya. 

 

"Task Force inilah yang menjadi garda tadi, kalau misalnya kita ada w.a grup, kita ada jalur aduan banyak sekali, mereka harus bisa mensinergikan dari segala sumber, baznas, dari kepedulian masyarakat, dan juga dari internal pemerintah. Sehingga mereka yang cek lapangan, mereka yang cari solusi semisal kita harus berobat. Jadi banyak sekali, sibuk sekali sebenarnya karena memang kita tidak hanya mengandalkan data saja, tetapi kadang-kadang di lapangan ditemukan lagi, bahkan kalau yang sudah memiliki fasilitaspun masih memiliki hal-hal yang perlu di suplemen (dibantu)," imbuh Bupati muda tersebut. 

 

Dengan dukungan dari komunitas seperti IST, dan juga nanti akan ada anshor yang sudah menyampaikan keinginan untuk menyusul. Diharapkan nanti akan lebih  banyak lagi elemen-elemen masyarakat dan juga pemuda yang akan turut mensukseskan dan juga tentunya sinergi lintas lembaga, sinergi dengan instansi vertikal, dan juga dengan baznas yang telah mewujudkan adanya pelayanan yang lebih sigap dalam merespon berbagai kebutuhan  bagi masyarakat miskin di Kabupaten Trenggalek. Diskominfo Trenggalek