Tangani PMK, 9 Tim Vaksinator Diterjunkan Ke Seluruh Wilayah Trenggalek

berita

30 June 2022

215
Tangani PMK, 9 Tim Vaksinator Diterjunkan Ke Seluruh Wilayah Trenggalek

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Trenggalek mulai dilaksanakan. Sebanyak 9 tim dari Dinas Peternakan diterjunkan untuk memberikan vaksinasi hewan ternak ke seluruh wilayah di Kabupaten Trenggalek, Selasa (28/6/2022).

Selain itu, Kabupaten Trenggalek juga telah menerima 5000 dosis vaksin dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur yang diharapkan dapat dimanfaatkan selama 10 hari kedepan guna disalurkan kepada peternak.

Plt. Kepada Dinas Peternakan, Nurkolik, S.STP mengatakan vaksinasi ini adalah upaya efektif untuk mendorong timbulnya antibody hewan ternak terhadap virus PMK.

"PMK itu merupakan salah satu virus dan tidak ada obatnya saat ini. Jadi salah satu yang dilaksanakan paling efektif dilakukan adalah dengan pemberian vaksin bagi hewan ternak untuk menimbulkan antibody terhadap virus PMK tersebut," ujarnya.

 


 

Mantan Camat Bendungan ini menjelaskan, "Jadi yang dilakukan adalah pencegahan, seperti halnya virus Covid dimana yang bisa dilakukan adalah vaksinasi nantinya diharapkan bisa menjadi proteksi dini terhadap serangan PMK," sambungnya.

Nurkolik juga menyebut, Vaksin ini seluruh Jawa Timur serentak mulai beberapa hari lalu, dan kebetulan hari ini di Trenggalek ada 9 tim, dan salah satu timnya ada di UPT Pusbitnak dan yang lain ke seluruh wilayah di Kabupaten Trenggalek

"Jadi dengan adanya vaksinasi ini diharapkan nantinya tidak akan ada kasus PMK lagi. Karena di Trenggalek ini kasus PMK sudah dianggap banyak dan karena tidak ada obat maka kita harus memutus mata rantai PMK ini dengan vaksinasi," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek