Targetkan Level I, Pemkab Trenggalek Gelar Capaian Vaksinasi Lansia Penuhi Angka 60 Persen

berita

07 April 2022

149
Targetkan Level I, Pemkab Trenggalek Gelar Capaian Vaksinasi Lansia Penuhi Angka 60 Persen

Capaian vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kabupaten Trenggalek terus dikejar. Sebagaimana ketentuan Pemerintah Pusat, target vaksinasi lansia minimal sebesar 60 persen harus terpenuhi untuk mencapai level I.

Meskipun saat ini kasus aktif di Trenggalek cukup sedikit dengan 23 kasus, namun kondisi capaian vaksinasi lansia yang saat ini sebesar 45 persen atau masih dibawah target minimum 60 persen membuat Trenggalek masih masuk dalam kategori level II.

Bersama jajaran Forkopimda Trenggalek dan unsur terkait dari masyarakat, Penjabat (Pj) Sekda Trenggalek, Dr.Andriyanto mengajak capaian vaksinasi covid-19 ini bisa terus dimaksimalkan.

Upaya percepatan ini salah satunya akan dilaksanakan dengan vaksinasi lansia pada malam hari. Namun tak hanya lansia, masyarakat umum yang belum vaksin juga bisa mendapatkan layanan vaksin dalam kegiatan tersebut.

Pj.Sekda Andriyanto menuturkan, "Ini gagasan yang luar biasa, coofee morning bersama Komandan Kodim Trenggalek, mensinergikan percepatan peninggkat cakupan vaksinasi terutama untuk lansia," tuturnya saat memimpin rakor di Markas Kodim 0806 Trenggalek, Senin (4/4/2022).

Ditambahkan olehnya, kita paham sebenarnya cakupan vaksin bagi lansia pada saat ini di Kabupaten Trenggalek masih sekitar 46%. padahal minimal harus 60%. Dan kalau tidak 60 % kita tidak tercapai level 1-nya.

Kemudian lebaran ini seandainya kurang 60%, maka dikuatirkan banyak persyaratan-persyaratan seperti masalah perbatasan. Ini tentunya ini menjadikan tidak nyaman bagi Kabupaten Trenggalek, seperti aktivitas saat mudik dan sebagainya.

Lebih lanjut, Dosen Pasca Sarjana UNAIR ini menegaskan, "Kita akan melakukan percepatan vaksinasi pada malam hari. Percepatan ini berbasis kecamatan dan desa. Pemerintah daerah juga akan mengeluarkan surat edaran untuk percepatan vaksinasi ini, yang juga didukung oleh Kodim dan Polres," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek