TINJAU PASAR DI KECAMATAN KAMPAK, FORKOPIMDA TRENGGALEK BERI HIMBAUAN DISIPLIN PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

berita

22 June 2020

2055
TINJAU PASAR DI KECAMATAN KAMPAK, FORKOPIMDA TRENGGALEK BERI HIMBAUAN DISIPLIN PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dalam menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin didampingi Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring dan Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto mengunjungi 2 pasar yang berlokasi di Kecamatan Kampak, Sabtu (20/6).

Lokasi pertama yang dikunjungi Bupati bersama Forkopimda adalah Pasar Hewan, di pasar yang menjadi pusat transaksi komoditas ternak di Kecamatan Kampak ini Bupati Nur Arifin menghimbau langsung kepada masyarakat untuk terus berdisiplin mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu untuk memetakan resiko penyebaran virus corona, tim gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 Kabupaten Trenggalek juga melakukan pengambilan rapid tes secara masif kepada pengunjung Pasar Hewan Kampak.

"Kita melihat situasi di pasar sekaligus kita coba mengukur resiko penyebaran virus kita di pasar, kita lakukan rapid tes secara masif. Sekaligus juga melakukan sosialisasi dan juga patroli penegakan disiplin untuk memakai masker, jaga jarak, memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun," tutur Bupati Nur Arifin.

Tak hanya di Pasar Hewan Kampak saja, Forkopimda Trenggalek juga meninjau Pasar Kampak untuk memberikan himbauan kepada para pedagang dan pengunjung agar selalu berdisiplin menggunakan masker. .
Lebih lanjut, Bupati muda ini menyebut kondisi penerapan protokol kesehatan pada 2 pasar di Kecamatan Kampak terlantau relatif normal dan tidak terlalu crowded, meskipun untuk kondisi di Pasar Hewan yang masih membutuhkan perhatian lebih lanjut terkait SOP yang sesuai protokol kesehatan.

"Kalau pasar-pasar yang sudah ada lapak memang transaksi pedagang di belakang barang dagangannya kemudian membeli dari depan toko itu sudah bisa terjadi penjagaan jarak," jelasnya.

"Kedepan kita terus akan pantau evaluasi penerapan new normal ini, kalau dulu kita melakukan restriksi ketat sekarang kita menetapkan disiplin ketat. Karena kita berharap sesuai arahan Pak Presiden tetap penyebaran Covidnya kita atasi tetapi masyarakat harus tetap produktif dimasa pandemi ini," imbuhnya menutup. Diskominfo Trenggalek