Tinjau Tambang Batuan di Desa Jambu Bupati Trenggalek Apresiasi Hubungan Baik Perusahaan Dengan Lingkungan Sekitar

berita

11 April 2022

184
Tinjau Tambang Batuan di Desa Jambu Bupati Trenggalek Apresiasi Hubungan Baik Perusahaan Dengan Lingkungan Sekitar

Didampingi jajarannya dari Satpol PPK dan Dinas PUPR, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meninjau salah satu tambang batuan yang berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Tugu, Jumat (8/4/2022).

Selain penertiban terkait izin tambang, Bupati Arifin juga ingin memastikan perusahaan tambang memiliki hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar tambang.

Saat dikonfirmasi, Bupati Nur Arifin menuturkan, "kita mengecek, terus kemudian bagaimana hubungan dengan lingkungan sekitar, termasuk lingkungan alam maupun lingkungan sosialnya," tutur Bupati.

Cukup baik, begitu ungkap Bupati saat melihat bagaimana perusahaan tambang di desa ini memiliki hubungan baik dengan lingkungan sekitarnya.

"Karena dia membuka jalur tambangnya sendiri, terus kemudian di pemukiman warga kita lihat ada beberapa pelebaran jalan dan pengerasan jalan meskipun aktifitas tambangnya belum dimulai," sambungnya.

Artinya dari sisi sosial baik, terus kemudian dari sisi lingkungan memang yang dipilih yang mendapatkan izin ini memang tanah yang bebatuan, yang mayoritas andesit disini top soilnya memang untuk tanaman tidak terlalu baik atau tidak terlalu produktif.

Lebih lanjut, juga yang sudah memiliki jaminan reklamasi, dan saya sukanya ini juga nanti menjadi bahan baku untuk pembangunan di Kabupaten Trenggalek. Mengingat Presiden menginginkan komponen dalam negeri ini tinggi.

"Nah kalau komponen dalam negeri bisa dihasilkan dari Trenggalek kan ini lebih baik, khususnya kita masih butuh banyak konstruksi baik bangunan sumberdaya air, maupun bangunan jalan, dsb tetap butuh bantuan seperti ini," jelasnya.

"Baik yang pecahan besar maupun nanti yang hasil crusher kecil-kecil itu untuk pembetonan dan lain sebagainya," tegasnya. Diskominfo Trenggalek