Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2018

berita

02 October 2018

2115
Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2018

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober diperingati secara serentak di seluruh wilayah Indonesia,  tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek.  Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila  dilaksanakan di Alun-alun Trenggalek dengan Bupati Trenggalek Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Senin (1/10).

Mengambil tema landasan kerja mencapai prestasi bangsa, upacara juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Trenggalek, Kepala OPD lingkup Pemkab Trenggalek, Forkopimda dan seluruh peserta yang datang dari berbagai unsur, baik ASN, TNI, Polri, Ormas, dan pelajar.

Pada kesempatan itu Bupati Trenggalek membacakan teks Pancasila dan Ketua DPRD Trenggalek membacakan ikrar Ketua DPR RI atas nama bangsa Indonesia.  Ikrar yang dibacakan menyebutkan bahwa sejak diproklamasikannya Kemerdekaan Negara Kesatua  Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.  Dengan semangat kebersamaan,yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kita membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Dikonfirmasi terpisah usai Upacara berlangsung, Bupati Trenggalek Dr.H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc menuturkan Pancasila yang kini berdiri tegak saat ini patut disyukuri oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Bangsa ini melalui perjalanan yang penuh tantangan dalam mengajarkan Pancasila dan kita bersyukur bahwa Allah SWT memberikan bangsa ini rahmatnya sehingga dapat melalui tantangan itu dengan baik sehingga bangsa ini tegak berdiri sampai hari ini dengan dasar negara Pancasila," tutur Bupati.

"Ternyata Kesaktian Pancasila ini adalah suatu wujud rasa syukur kita dan komitmen kita bersama bahwa dalam situasi apapun  Pancasila harus tegak berdiri sebagai landasan utama bangsa kita," singkatnya mengimbuhkan. Diskominfo Trenggalek