USAI PASIEN 01 SEMBUH, PEMKAB TRENGGALEK KEMBALI UMUMKAN TERDAPAT 1 LAGI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19

berita

27 April 2020

1693
USAI PASIEN 01 SEMBUH, PEMKAB TRENGGALEK KEMBALI UMUMKAN TERDAPAT 1 LAGI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19

Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengumumkan terdapat 1 lagi pasien terkonfirmasi positif tepatnya di Kecamatan Durenan, Minggu (26/4).
"Setelah pasien 01 dinyatakan sembuh pada hari ini, terkonfirmasi terdapat 1 pasien terkonfirmasi positif yang selanjutnya kita sebut sebagai pasien 02 Trenggalek," tutur Bupati.

Dari Smart Center Trenggalek, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama Dandim 0806 dan Kapolres mengumumkan pasien 02 Trenggalek yang berusia 57 tahun sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya sekitar tanggal 5 April 2020. Dijelaskan pula pada tanggal 11 April 2020 yang bersangkutan merasa tidak enak badan dan pulang dari Surabaya. Merasa tidak ada perbaikan kondisi kesehatan, pada 12 April 2020 Pasien 02 berobat ke RSUD dr. Iskak menjalani perawatan dan dilakukan swab test.

"Saat ini kondisi pasien 02 dinyatakan sehat dan sejak tanggal 16 April 2020 yang lalu sudah keluar dari rumah sakit akan tetapi dikarenakan menunggu hasil swab maka pasien 02 sempat melakukan isolasi di rusunawa Tulungagung. Kemudian karena sudah ada kepastian hasil swab dan Pasien 02 merupakan penduduk berdomisili Trenggalek, maka besok akan kami lakukan penjemputan dari Tulungagung," terang Bupati.

Menyikapi hal tersebut Pemkab Trenggalek segera mengambil beberapa langkah diantaranya menerapkan isolasi di Rumah Sakit bagi pasien 02, sedangkan isolasi mandiri dirumah ditetapkan bagi OTG, 3 anggota keluarga dan 1 sopir yang mengantarkan. Selanjutnya menetapkan kawasan displin physical distancing dilokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan petugas akan melakukan tracing terhadap kontak erat dengan pasien 02 dimana Pasien 02 diketahui saat ini diketahui telah berkontak erat dengan 5 orang yang selanjutnya diidentifikasi menjadi OTG.

"Mereka adalah Ibu dari pasien 02, Istri dan anak serta anak angkat Pasien 02 serta sopir yang mengantarkan Pasien 02 ke fasilitas kesehatan di Tulungagung. Dari 5 orang OTG telah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif," jelasnya.

Disamping itu dijelaskan pula bahwa Pemkab akan menunjuk "penghubung khusus" guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari OTG pasien 02 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona physical distancing, dan melakukan disinfeksi berkala disekitar kawasan physical distancing. Diskominfo Trenggalek