Usung Konsep Edukasi Pertanian, Bupati Trenggalek Launching Gading Edu Park

inovasi

21 March 2022

155
Usung Konsep Edukasi Pertanian, Bupati Trenggalek Launching Gading Edu Park

Bersamaan dengan giat rutin coffe morning, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin didampingi Pj.Sekda Trenggalek Andriyanto melaunching Gading Education Park, Jumat (18/3/2022).

Dengan mengusung konsep desa wisata edukasi pertanian, Desa Gading Kecamatan Tugu mencoba memaksimalkan potensinya di sektor pertanian. Bupati Nur Arifin menyambut baik peluncuran desa wisata ini sekaligus berikan apresiasi dan semangat untuk pemerintah desa dan masyarakat Desa Gading.

"Kita hari ini Coffee Morning yang biasa kita lakukan setiap Hari Jum'at, bersama seluruh OPD. Sekaligus menyemangati, karena ada launching desa wisata yang disini yang juga ternaya termasuk Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)," tutur Bupati Nur Arifin.

Suami Novita Hardini ini menambahkan, "Kami memang memiliki keyakinan kalau desa-desa itu minimal menjaga kebersihan lingkungannya, untuk ditingkatkan ke desa wisata itu lebih mudah," sambungnya.

Seperti Gading ini sebelum dilauncing desa wisata adalah juara adipura desa, terus juga sempat pernah dapat juara desa gotong royong. Ini modalitas yang luar biasa untuk kemudian membuat desa wisata.

Terus juga desa wisatanya tidak hanya berbasis spot wisata di desa, melainkan juga seluruh kebudayaan dan seluruh RT bahkan punya cluster-cluster. Ada yang cluster lodho, terus lembu, tanaman Alpukat juga ada cluster empon-empon.

"Jadi kalau keliling ke desa wisata ini bisa menemukan berbagai macam potensi yang berbeda-beda setiap RT-nya. Selain itu desa ini berhasil menurut saya beradaptasi dan memitigasi resiko iklim," ungkapnya.

Hasil dari adipura desa, dibikin untuk membikin satu water catchment area. "Memanfaatkan gedung sekolah, atapnya diberi tampungan air sehingga nanti bisa mengurangi resiko kekeringan di masa yang akan datang. Ini desa yang sangat luar biasa," terangnya.

Sementara itu Kades Gading, Wiryanto menjelaskan dalam wahana Gading Education Park ini terdapat 2 spesifikasi. Yang pertama, untuk edukasi pertanian. Kemudian selanjutnya juga edukasi di bidang kesehatan dan persampahan juga.  Kedepan wahana ini diharapkan mampu menampung pelajar untuk paket wisata edukasi.

Wiryanto mengaku memilih konsep ini karena Gading mempunyai potensi untuk mendorong kemajuan masyarakat.  Disamping itu sebagai wahana tambahannya ada berbagai spot untuk wisata.

"Kita sudah siap untuk menampung wisatawan lokal, atau luar daerah.  Juga disiapkan homestaynya juga," ujar Wiryanto. Diskominfo Trenggalek