Wujudkan Kecamatan sebagai Pusat Informasi, Pemkab Trenggalek Gandeng Kompak Gelar FGD Rencana Penerapan Dashboard Kecamatan

berita

31 January 2019

1768
Wujudkan Kecamatan sebagai Pusat Informasi, Pemkab Trenggalek Gandeng Kompak Gelar FGD Rencana Penerapan Dashboard Kecamatan

Dalam rangka mendukung terciptanya Smart Regency di Kabupaten Trenggalek, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Kesejahteraan (Kompak) selenggarakan Focus Group Discussian (FGD) tentang Rencana Penerapan Dashboard Kecamatan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Kamis (31/02).

Acara yang digelar digedung bhawarasa ini menghadirkan narasumber dari Kompak Jakarta dan Kompak Provinsi Jawa Timur dengan diikuti 48 peserta meliputi Staf Administrator Website Kecamatan dan desa serta OPD terkait.

Acara FGD ini merupakan inisiatif dari Pemkab Trenggalek melalui Dinas Komunikasi dan Informatika yang difasilitasi oleh Kompak dalam upaya mewujudkan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek sebagai pusat informasi melalui aplikasi Dashboard Kecamatan 

Dashboard Kecamatan adalah sebuah aplikasi yang ditujukan untuk memfasilitasi kecamatan dengan data dan informasi yang valid sebagai alat koordinasi perencanaan dan penganggaran yang memantau kinerja dan kondisi layanan yang berada dilingkup desa.

Aplikasi Dashboard Kecamatan saling berkaitan dengan Sistem Informasi Desa (SID) yang dikelola oleh Desa. Dimana SID merupakan pusat data yang dimiliki desa sehingga harapannya Dashboard Kecamatan ini nantinya dapat terintergrasi dengan SID. Perlu diketahui, saat ini sebanyak 152 desa di seluruh Kabupaten Trenggalek sudah miliki website/online.

Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Drs. Edy Soeprianto dalam sambutannya menyampaikan fokus dalam FGD ini yang diharapkan beliau kecamatan sebagai pusat informasi pembangunan dan mempermudah semua proses dalam pelayanan kepada masyarakat melalui dasboard kecamatan.

Lebih lanjut beliau mengatakan rencana penerapan aplikasi Dashboard Kecamatan ini merupakan salah satu program yang mendukung smart regency dari 5 program prioritas pembangunan di Kabupaten Trenggalek.

"Harapannya setelah ini, tidak hari ini saja tapi ada hari-hati yang akan datang untuk bisa mensingkronkan dan mengimplementasikan sampai dashboard kecamatan ini bisa terlaksana dan bagaimana dasboard kecamatan ini terintergasi dengan SID", ungkapanya. Diskominfo Trenggalek