Mulai Bisa Dimamfaatkan Masyarakat, Bupati Nur Arifin Mulai Serahkan Kunci Kios Pujasera Kawasan Prigi 360

ekonomi

13 January 2022

27
Mulai Bisa Dimamfaatkan Masyarakat, Bupati Nur Arifin Mulai Serahkan Kunci Kios Pujasera Kawasan Prigi 360

Didampingi jajaran Kepala OPD, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan secara simbolis kunci kios Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada ) kepada sejumlah pengusaha di Kawasan Prigi 360, Rabu (12/1/2022).

Bupati Nur Arifin berharap, masyarakat bisa memanfaatkan wajah baru area pujasera yang semakin cantik ini dengan baik. Sehingga Kawasan Prigi 360 bisa bangkit kembali mengingat kawasan ini dulu dikenal sebagai destinasi wisata primadona di Kabupaten Trenggalek.

"Kita menyerahterimakan kunci hasil pembangunan di tahap II yang dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Timur," ungkap Bupati Nur Arifin.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menambahkan, "ada eks Kafe Kontainer yang dibangun, terus kemudian ada Pujasera di sisi barat,kemudian ada juga warung ikan asap, juga oleh-oleh yang di depan pintu masuk," jelasnya.

Suami Novita Hardini ini menyebut upaya ini sebagai ikhtiar kita untuk membangkitkan Prigi kembali disaat adanya pengembangan destinasi pada beberapa pantai lainnya.

"Dengan adanya beberapa pantai yang mulai di eksplore, Prigi memang harus mempercantik diri dan ini salah satunya," terangnya.

Kendati demikian, Bupati menegaskan mempercantik diri bukan hanya dari sisi infrastruktur, tapi juga dari sisi tata kelola didalamnya.

"Makanya saya juga pesan kepada Pak Camat, saya pesan kepada Dinas Pariwisata untuk kemudian membuat satu event, terus mengelola ini dengan baik, karena memang itu yang kita harapkan," tegasnya.

Disisi lain, Bupati Trenggalek juga mengingatkan bagi para petugas untuk tetap menjaga protokol kesehatan dikawasan Prigi 360. Seperti pengendalian jumlah pengunjung dengan aplikasi Peduli Lindungi, "agar pariwisata nanti tetap bisa berjalan dan tahan terhadap pandemi covid-19, tidak ada lagi buka tutup harapan saya," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Sunyoto menambahkan penyerahan kepada masyarakat kali ini meliputi 6 kafe, pujasera sebanyak 16 kios, 24 kios ikan asap, dan 20 kios lainnya.

 

Sunyoto menyebut pembangunan kali ini menghabiskan anggaran sebanyak 14 Milyar yang bersumber dari APBN melalui Kementerian PUPR. Diskominfo Trenggalek